AHY Beri Rekomendasi, Partai Demokrat Usung Hendi-Ita di Pilwakot Semarang 

Sudah empat parpol dukung bakal calon petahana

Semarang, IDN Times - Partai Demokrat resmi mengusung bakal calon Wali Kota, Hendrar Prihadi dan Wakil Wali Kota Semarang, Hevearita G Rahayu dalam Pilwakot Semarang 2020. Rekomendasi tersebut diberikan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Kantor DPP Partai Demokrat Jalan Proklamasi 41 Menteng Jakarta Pusat, Senin (22/6).

1. AHY menyerahkan langsung surat keputusan rekomendasi dari Partai Demokrat ke Hendi-Ita

AHY Beri Rekomendasi, Partai Demokrat Usung Hendi-Ita di Pilwakot Semarang Kongres V Partai Demokrat (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Kabar tersebut disampaikan Sekretaris DPD Partai Demokrat Jawa Tengah, AS Sukawijaya atau dikenal Yoyok Sukawi melalui keterangan resmi yang diterima IDN Times, Selasa (23/6). 

“Senin sore, Mas Hendi dan Mbak Ita telah selesai melaksanakan wawancara dan bertemu Ketua Umum Partai Demokrat AHY. Partai Demokrat mantap mengusung Mas Hendi-Mbak Ita dalam Pilwakot Semarang mendatang,’’ ungkapnya yang juga Anggota DPR RI itu.

Partai Demokrat sudah memberikan surat rekomendasi asli kepada bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi dan Ita itu, karena mereka berdua dianggap telah berhasil memimpin Semarang.

Baca Juga: KPU Kota Semarang Siapkan Rp71,5 miliar untuk Pilwakot Semarang 2020

2. Hendi-Ita dianggap berhasil memimpin Kota Semarang

AHY Beri Rekomendasi, Partai Demokrat Usung Hendi-Ita di Pilwakot Semarang Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi (kanan). Dok. Pertamina MOR IV

‘’Dukungan itu karena prestasi selama memimpin baik dan bersih. Partai Demokrat berharap kepemimpinan ke depan semakin baik dalam melayani rakyat dan semakin sukses menyejahterakan masyarakat Kota Semarang,’’ kata CEO PSIS Semarang itu.

Hadir dalam pertemuan tersebut, selain Yoyok Sukawi juga ada Ketua DPD Demokrat Jateng Rinto Subekti, dan Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang Wahyoe “Liluk” Winarto. Mereka mendamping Hendi dan Ita saat menerima rekomendasi dari AHY. 

3. Partai Demokrat merupakan parpol keempat yang mendukung bakal calon petahana Pilwakot Semarang 2020

AHY Beri Rekomendasi, Partai Demokrat Usung Hendi-Ita di Pilwakot Semarang Kader Demokrat diminta mengecek suhu dan cuci tangan sebelum masuk ke area Kongres (IDN Times/Gregorius Aryodamar P.)

Untuk diketahui, Partai Demokrat merupakan partai politik keempat yang memberikan dukungan kepada bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota petahana tersebut. Setelah sebelumnya PDIP, Partai Golkar, dan PSI, secara resmi juga turut mengusung pasangan Hendi dan Ita.

Ketua DPC Partai Demokrat Kota Semarang, Wahyoe "Liluk" Winarto mengatakan, dengan keluarnya rekomendasi dari empat partai politik, pasangan Hendi-Ita setidaknya sudah mengantongi 30 persen suara partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kota Semarang. 

‘’Dari informasi yang kami dapat, beberapa partai politik lain juga siap mengeluarkan rekomendasi yang sama,’’ katanya.

Sementara itu, apabila suara partai politik di Kota Semarang dominan mengusung calon petahana tersebut, besar kemungkinan pasangan Hendi-Ita akan melawan kotak kosong di Pilkada Kota Semarang yang akan digelar bulan Desember 2020 mendatang. Apalagi, hingga sekarang belum ada bakal calon lain yang muncul untuk bersaing menantang pasangan petahana tersebut. 

Baca Juga: PAN Ajukan Primus Yustisio dan Desy Ratnasari untuk Pilwakot Semarang

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya