Arus Balik, Sistem One Way Diperpanjang hingga Tol Dalam Kota Semarang

Kurangi kepadatan kendaraan saat arus balik Lebaran 2022

Semarang, IDN Times - Rekayasa lalu lintas dengan sistem satu arah (one way) tidak hanya berlaku dari Jalan Tol Jakarta–Cikampek hingga Gerbang Tol (GT) Kalikangkung. Jasa Marga memperpanjang pemberlakuan one way hingga ruas tol dalam Kota Semarang.

1. Sistem one way dibuka sejak kemarin

Arus Balik, Sistem One Way Diperpanjang hingga Tol Dalam Kota SemarangIlustrasi jalan Tol (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Marketing and Communication Department Head Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division, Tody Satria mengatakan, pemberlakuan one way dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Jalan Tol Batang-Semarang sampai dengan Km 47 Jalan Tol Jakarta-Cikampek arah Jakarta telah dibuka pada pukul 14.00 WIB, Jumat (6/5/2022).

‘’Saat ini kami juga melakukan perpanjangan pemberlakukan one way dari Km 428 Jalan Tol Semarang Seksi A,B,C sejak pukul 15.00 WIB kemarin,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (7/5/2022).

Baca Juga: Daftar Posko Mudik dan Bengkel Siaga 24 Jam Nasmoco di Jateng dan DIY 

2. Urai kepadatan kendaraan dari tol Jatingaleh sampai Kalikangkung

Arus Balik, Sistem One Way Diperpanjang hingga Tol Dalam Kota SemarangAntrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Kebijakan ini untuk melancarkan arus lalu-lintas.

Kendaraan mulai diarahkan masuk ke dua jalur dari arah Jatingaleh menuju simpang susun Krapyak hingga gerbang Kalikangkung.

3. Terjadi kecelakaan saat arus mudik dan balik

Arus Balik, Sistem One Way Diperpanjang hingga Tol Dalam Kota SemarangBus terbakar di dekat gerbang tol Kalikangkung Semarang, Sabtu (28/12). Dok Damkar Kota Semarang

Melansir Antara, Direktur Lalu-lintas Polda Jawa Tengah, Komisaris Besar Polisi Agus Suryonugroho mengatakan, pemberlakuan sistem satu arah lokal di ruas tol dalam kota Semarang itu bertujuan untuk mengurangi kepadatan jumlah kendaraan pada arus balik ini.

"Untuk mencairkan arus yang mengarah ke Kalikangkung maka kami tarik. Sebab, puncak arus balik yang melewati Tol Trans Jawa ini diperkirakan terjadi pada hari ini. Sehingga, wajar jika terjadi kepadatan, terutama di sekitar rest area," jelasnya. 

Selama pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran, Polda Jateng mencatat terjadi sejumlah kecelakaan di ruas jalan tol. Namun tidak ada kecelakaan fatal dan sampai menimbulkan korban jiwa. 

Baca Juga: Blibli Pasarkan 16 Produk UMKM Jateng di Rest Area Saat Mudik Lebaran

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya