Bikin Gaduh, Akhirnya Jadwal Distribusi Bansos di Semarang Diubah

Disesuaikan dengan BST

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) bagi warga terdampak COVID-19 sesuai dengan turunnya bantuan sosial tunai (BST) dari Kementerian Sosial dan bantuan lainnya. Upaya itu untuk mengantisipasi kegaduhan antar warga penerima bantuan. 

1. Jadwal penyaluran bansos untuk warga terdampak COVID-19 akan disamakan

Bikin Gaduh, Akhirnya Jadwal Distribusi Bansos di Semarang DiubahDok. Pemkot Semarang

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, bansos tahap II dari Pemkot Semarang akan disalurkan sesuai dengan jadwal distribusi BST tahap II. "Hal ini karena kami belajar pada penyaluran bansos tahap I di bulan Mei lalu. Ketika waktu pembagian tidak sama, terjadi kegaduhan seolah masyarakat tidak menerima bantuan kemudian protes," ungkapnya melalui rekaman resmi, Jumat (5/6).

Maka, lanjut dia, pada penyaluran bansos tahap II kepada warga terdampak COVID-19 di bulan Juni ini pihaknya akan menunggu jadwal dari Kementerian Sosial yang juga mendistribusikan BST tahap II. 

Baca Juga: Bantuan Sosial Tunai di Semarang Ditambah Jadi 114 Ribu  

2. Pendistribusian sekitar awal hingga minggu ketiga di bulan Juni

Bikin Gaduh, Akhirnya Jadwal Distribusi Bansos di Semarang DiubahWali Kota Semarang menyalurkan bantuan sosial ke warga terdampak COVID-19.Dok. Pemkot Semarang

Adapun, pendistribusian BST tahap II di Kota Semarang dijadwalkan sekitar awal hingga minggu ketiga bulan Juni. Pada penyaluran bansos tahap II berupa sembako itu, Pemkot Semarang telah menyiapkan 100 paket untuk warga yang terkena dampak virus corona. 

Para penerima di antaranya warga tidak mampu dan mereka yang terkena PHK di tengah pandemik COVID-19. 

3. Khusus Pemkot Semarang akan menyalurkan 100 paket sembako

Bikin Gaduh, Akhirnya Jadwal Distribusi Bansos di Semarang DiubahBantuan sosial untuk warga terdampak COVID-19 (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Lelaki yang akrab disapa Hendi itu menjelaskan, pihaknya sudah menyiapkan 100 paket sembako. Mereka yang menerima adalah warga yang terdata oleh Dinas Sosial dan sebelumnya pada tahap I juga menerima bantuan sosial. 

"Kami berharap jumlah tersebut cukup. Namun, apabila masih kurang dan warga yang terdampak COVID-19 nanti bertambah mudah-mudahan ada tambahan bantuan dari pihak luar seperti CSR perusahaan atau lainnya," tuturnya. 

Sementara itu, sebelumnya pada bulan Mei jumlah bantuan berupa sembako yang disalurkan melalui Pemkot Semarang sebanyak 339 ribu paket. Jumlah tersebut terdiri atas lima sumber bantuan yang ada dalam skema Pemerintah Kota Semarang yaitu paket bantuan dari Pemkot Semarang, Kementerian Sosial Republik Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Presiden Joko Widodo dan swasta non APBD

Sedangkan, alokasi BST yang didistribusikan untuk warga terdampak COVID-19 di Kota Semarang sebanyak 94.000. Saat pantauan di Kota Semarang sebelum Lebaran lalu, Menteri Sosial Juliari Batubara menambah menjadi 114.000 BST.

Baca Juga: Dana Bantuan COVID-19 Rawan untuk Kampanye, KPK Diminta Turun Tangan

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya