Bukan Korupsi, Ada Motif Lain Kasus Pembunuhan ASN Bapenda Semarang 

Polisi minta pelaku menyerahkan diri

Semarang, IDN Times - Polisi menemukan fakta baru dari kasus dugaan pembunuhan ASN Bapenda Kota Semarang, Iwan Boedi Prasetijo yang ditemukan terbakar di Kawasan Pantai Marina Semarang, Kamis (8/9/2022). Kasus tersebut dilatarbelakangi bukan ihwal perkara dugaan korupsi aset Pemkot Semarang melainkan mengerucut pada tindak pidana pembunuhan.

1. Sudah mengerucut pada pelaku tindak pidana pembunuhan

Bukan Korupsi, Ada Motif Lain Kasus Pembunuhan ASN Bapenda Semarang ASN Bapenda Kota Semarang, Iwan Boedi hilang sejak 24 Agustus 2022. (dok. MIK Semar)

Kapolrestabes Semarang, Kombes Pol Irwan Anwar mengatakan, penanganan kasus saksi perkara dugaan korupsi di Kota Semarang yang ditemukan hangus terbakar beberapa waktu lalu, Iwan Budi Paulus, telah mengerucut pada pelaku tindak pidana pembunuhan itu.

"Sudah mengerucut ke pelaku. Oleh karena itu kami minta pelaku untuk menyerahkan diri," ungkapnya dalam rekaman resmi, Jumat (16/9/2022).

Dari hasil penyidikan polisi kemungkinan penyebab tewasnya Iwan Boedi bukan dilatarbelakangi oleh kasus dugaan tindak pidana korupsi yang sedang ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Tengah.

"Kemungkinan ada persoalan lain selain masalah korupsi. Ini didasarkan atas pemeriksaan para saksi dan alat bukti yang sudah dikumpulkan,’’ ujarnya.

Baca Juga: 5 Fakta ASN Bapenda Semarang Iwan Boedi, Jasad Terbakar hingga Reaksi Keluarga

2. Sebanyak 24 saksi sudah diperiksa

Bukan Korupsi, Ada Motif Lain Kasus Pembunuhan ASN Bapenda Semarang Aparat kepolisian Polrestabes Semarang dan Polda Jateng menemukan tulang-tulang dari jasad ASN Bapenda Semarang, Iwan Boedi yang terbakar di Kawasan Pantai Marina Semarang, Rabu (14/9/2022). (dok. Polrestabes Semarang)

Irwan menjelaskan, terdapat 24 saksi yang sudah diperiksa dan dikelompokkan berdasarkan kemungkinan penyebab terjadinya pembunuhan.

Kendati demikian, polisi belum bersedia menjelaskan secara detail kemungkinan motif yang melatarbelakangi tewasnya Iwan Boedi yang jasadnya ditemukan hangus terbakar di Kawasan Pantai Marina, beberapa waktu lalu.

3. Iwan Boedi diduga menghilang karena dugaan kasus korupsi

Bukan Korupsi, Ada Motif Lain Kasus Pembunuhan ASN Bapenda Semarang ASN Bapenda Kota Semarang, Iwan Boedi hilang sejak 24 Agustus 2022. (dok. MIK Semar)

Untuk diketahui, saat jasad Iwan ditemukan terbakar bersama sepeda motor di sana juga ada komputer jinjing, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik ASN Bapenda Semarang tersebut.

Iwan Budi dilaporkan menghilang pada 24 Agustus 2022 sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait dugaan korupsi sertifikasi aset. Polisi telah memastikan jasad yang terbakar itu merupakan Iwan Boedi berdasarkan hasil tes DNA.

Baca Juga: Mayat Terduga ASN Bapenda Semarang Sudah Tewas Sebelum Dibakar 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya