Bupati Banjarnegara Akui Tidak Terima Suap, Posting di Instagram

Budhi Sarwono ditahan KPK masih bisa main media sosial

Banjarnegara, IDN Times - Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono mengunggah status di akun Instagram pribadinya @budhisarwono setelah ditetapkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai tersangka kasus korupsi dan penerimaan gratifikasi pada Jumat (3/9/2021). Pada unggahan tersebut, ia mengaku tidak pernah menerima suap seperti yang dituduhkan kepadanya. 

1. Budhi mengaku gak terima Rp2,1 miliar

Status tersebut diunggah pada Jumat (3/9/2021), pukul 23.30 WIB. Budhi Sarwono mengunggah foto dirinya dan memberikan keterangan yang berisi sebagai berikut.

‘’Assalamualaikum,

Untuk masyarakat Banjarnegara, Hari ini saya diduga menerima uang Rp 2,1 miliar oleh KPK. Maka saya mohon kepada mereka untuk menunjukkan yang memberi, siapa kepada siapa. Silakan ditunjukkan.’’

‘’Insya Allah saya tidak pernah menerima pemberian dari para pemborong, tidak pernah menerima sama sekali. Tolong ditunjukkan yang memberi siapa.’’

‘’Masyarakat Banjarnegara adalah masyarakat yang cerdas. Tidak perlu banyak kata untuk membela diri, gusti Allah mboten sare.’’

"Paku yang dipukul dengan palu adalah paku yang lurus berdiri, bukan yang bengkok kesana kemari.

Wassalamu'alaikum.’’

Baca Juga: Profil Bupati Banjarnegara, KPK Tetapkan Jadi Tersangka Korupsi DPUPR

2. Netizen beri dukungan dan semangat

Bupati Banjarnegara Akui Tidak Terima Suap, Posting di InstagramBupati Banjarnegara, Budhi Sarwono (Instagram/@budhisarwono)

Unggahan tersebut langsung menuai reaksi dari netizen. Adapun, mayoritas mereka memberikan semangat kepada Budhi Sarwono yang akrab disapa Wing Chin itu.

‘’Saya dukung pak wing cin semoga bapak kuat menghadapi cobaan ini,bapak jujur rakyat makmur aja wedi pak wong bener pancen akeh mungsueeee,’’ tutur akun @singaleo_212.

Netizen lain juga memberikan dukungan kepada bupati yang menjabat sejak tahun 2017 tersebut. Mereka berterima kasih kepada Budhi karena telah bekerja dengan baik untuk warga Banjarnegara.

Seperti akun @muhrusli.arif, ‘’Saya tinggal di banjarnegara pak, dan menjadi saksi, selama bapak menjabat, pembangunan di Banjarnegara nyata pak, semoga bapak selalu diberikan kesehatan dan kekuatan.’’

Demikian juga yang disampaikan akun @dafa__ira_ayana_, ‘’Sehat selalu pak insyaallah jika memang tidak benar Allah kasih jalan yg terbaik buat bapak bupati. Dan terima kasih pak atas pembangunan jalan di Tlaga Wera berkat kerja keras bapak akhirnya warga Wirasari bisa menikmati jalan yang halus tidak gragal lagi. Terima kasih banyak pak insyaallah semua baik baik saja bapak juga sehat selalu.’’

3. Bupati Banjarnegara ditahan KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka

Bupati Banjarnegara Akui Tidak Terima Suap, Posting di InstagramKetua KPK, Firli Bahuri mengumumkan Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono menjadi tersangka korupsi dan penerimaan gratifikasi pengadaan barang dan jasa di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) pada tahun 2017--2018. (YouTube.com/KPK RI)

Hingga berita ini ditulis, sudah ada 1.030 ‘likes’ dan 211 ‘comment’ pada unggahan Instagram Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono.

Untuk diketahui, Ketua KPK, Firli Bahuri mengumumkan dan menetapkan Bupati Banjarnegara dan seorang swasta bernama Kedy Afandi sebagai tersangka kasus korupsi dan penerimaan gratifikasi pengadaan barang dan jasa di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Banjarnegara pada tahun 2017--2018.

Melalui siaran langsung di saluran YouTube KPK, Jumat (3/9/2021) malam, Firli juga menyampaikan bahwa untuk kepentingan penyidikan, tim penyidik melakukan upaya paksa penahanan para tersangka 20 hari ke depan, mulai 3--22 September 2021.

Baca Juga: Kronologi Penggeledahan KPK di Kantor Dinas PUPR Banjarnegara

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya