Corona Merebak, 132.212 Pekerja di Jateng DIY Cairkan JHT BPJAMSOSTEK

Peserta dilayani secara online, offline dan kolektif

Semarang, IDN Times - Pengajuan klaim program Jaminan Hari Tua (JHT) di BPJAMSOSTEK mengalami peningkatan di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Total per hingga 14 Juni 2020 sudah mencapai 132.212 kasus.

1. Pengajuan klaim JHT meningkat setelah Lebaran

Corona Merebak, 132.212 Pekerja di Jateng DIY Cairkan JHT BPJAMSOSTEKPara peserta BPJAMSOSTEK mengurus klaim JHT melalui Lapak Asik offline di Kantor BPJAMSOSTEK Pemuda Semarang. Dok. BPJAMSOSTEK Wilayah Jateng dan DIY

Direktur Utama BPJAMSOSTEK, Agus Susanto menyebut kenaikan pengajuan klaim tersebut mulai meningkat saat pandemik virus corona (COVID-19) menyebar di Indonesia. Peningkatan secara signifikan terjadi pasca Idulfitri saat BPJAMSOSTEK menyediakan layanan klaim lewat protokol Layanan Tanpa Kontak Fisik (Lapak Asik), khususnya secara offline.

‘’Kami telah menyediakan berbagai kanal klaim yang dapat dimanfaatkan oleh peserta melalui Lapak Asik baik secara online, offline, dan kolektif. Lapak Asik offline diselenggarakan dalam rangka melayani peserta yang kesulitan mengurus pengajuan klaim JHT secara online,’’ ungkapnya melalui keterangan resmi saat meninjau Lapak Asik di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Semarang, Jalan Pemuda Semarang, Selasa (16/6).

BPJAMSOSTEK juga memberikan kemudahan klaim JHT bagi peserta melalui kanal Lapak Asik kolektif. Fasilitas tersebut ditujukan kepada perusahaan skala besar maupun menengah yang terpaksa melakukan PHK kepada minimal 30 persen tenaga kerjanya.

Baca Juga: Tekan PHK, BPJAMSOSTEK Potong 90 Persen Iuran JKK dan JKM Pekerja

2. Pengajuan klaim JHT bisa melalui protokol Lapak Asik online, offline, dan kolektif

Corona Merebak, 132.212 Pekerja di Jateng DIY Cairkan JHT BPJAMSOSTEKPara peserta BPJAMSOSTEK mengurus klaim JHT melalui Lapak Asik offline di Kantor BPJAMSOSTEK Pemuda Semarang. Dok. BPJAMSOSTEK Wilayah Jateng dan DIY

Dengan fitur itu, pihak perusahaan dapat mengakomodir klaim seluruh karyawan yang ter-PHK, cukup dengan menunjuk satu orang perwakilan.

"Meski kami menyediakan kanal klaim offline, kami mengimbau kepada seluruh peserta BPJAMSOSTEK untuk tetap sebisa mungkin berada di rumah dan menggunakan kanal online yang disediakan jika ingin klaim JHT. Sebab, prosesnya lebih mudah dan mengurangi potensi terpapar virus corona (COVID-19). Selain itu, peserta juga dapat memanfaatkan fasilitas tracking klaim untuk mengetahui perkembangan proses klaim yang sedang mereka lakukan,’’ ungkap Agus.

Peningkatan pengajuan klaim JHT terjadi di BPJAMSOSTEK Wilayah Jawa Tengah dan DIY, seiring dibukanya tiga kanal pengurusan klaim baik secara online, offline, maupun kolektif.

Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah Jawa Tengah dan DIY, Suwilwan Rachmat menerangkan, sejak ada pandemik virus corona, layanan Lapak Asik digunakan untuk mengurangi layanan tatap muka. Layanan kepada peserta hanya dilakukan secara online.

‘’Namun, setelah dibuka secara offline dan kolektif, jumlah pengajuan klaim JHT makin meningkat. Kini kanal Lapak Asik offline kami buka di seluruh cabang dan kantor perintis. Semua unit melayani peserta, karena tingginya pengajuan klaim JHT,’’ jelasnya.

3. Pengajuan klaim JHT di Jateng selama pandemik COVID-19 mencapai 132.212 kasus

Corona Merebak, 132.212 Pekerja di Jateng DIY Cairkan JHT BPJAMSOSTEKJajaran pimpinan BPJAMSOSTEK meninjau layanan Lapak Asik di Kantor BPJAMSOSTEK Cabang Semarang Pemuda. Dok. BPJAMSOSTEK Wilayah Jateng dan DIY

Dalam kunjungannya, Agus memastikan operasional layanan berjalan sesuai protokol kesehatan COVID-19 dan peningkatanan kapasitas layanan terlaksana di seluruh cabang dengan baik. 

Peningkatan kapasitas layanan diwujudkan melalui penyediaan bilik-bilik yang dilengkapi layar monitor dan terhubung dengan petugas secara video conference untuk kebutuhan komunikasi serta verifikasi data, dengan model layananOne to Many. Yakni setiap petugas Customer Service Officer (CSO) bisa melayani 4 sampai 6 orang sekaligus dalam waktu bersamaan.

"Dengan metode One to Many, kemampuan menyelesaikan klaim meningkat empat sampai enam kali lipat dan phsycial distancing tetap terjaga. Saat ini sudah kami implementasikan hampir di seluruh cabang BPJS Ketenagakerjaan seluruh Indonesia, terutama untuk kantor-kantor yang punya ruang memadai. Untuk kantor-kantor yang kecil masih dilakukan dengan cara one to one dengan tetap memperhatikan physical distancing," tandas Agus.

Untuk diketahui, mengacu data BPJAMSOSTEK Wilayah Jawa Tengah dan DIY, pembayaran klaim JHT pada Januari 2020 mencapai 33.261 kasus, Februari 2020 terdapat 29.919 kasus, Maret 2020 mencapai 26.091 kasus. Kemudian, April 2020 sebanyak 12.499 kasus, Mei 2020 ada 16.511 kasus, dan Juni 2020 per tanggal 14 berjumlah 13.931 kasus. Total klaim JHT mencapai 132.212 kasus.

Baca Juga: Antisipasi COVID-19, Layanan BPJAMSOSTEK Beralih ke "Lapak Asik" 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya