Ingin Kota Lama Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Upaya Pemkot Semarang

Saat ini BPK2L sedang menyusun arsip dokumen

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang mengupayakan agar tempat wisata di Semarang, Kota Lama mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai world heritage city atau warisan budaya dunia. Untuk mengurus itu saat ini pemerintah sedang menyusun arsip dokumen atau dossier Kota Lama. 

1. Dossier Kota Lama kembali disusun

Ingin Kota Lama Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Upaya Pemkot Semarangkota lama semarang (Instagram.com/taufiq_prabowo88)

Ketua Badan Pengelola Kawasan Kota Lama (BPK2L) Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya kembali menyusun dossier Kota Lama karena sebelumnya akan dijadikan satu dengan jalur rempah. 

‘’Kemarin dari Kemendikbud akan disatukan dengan jalur rempah, tetapi sambil berjalan kami tetap optimis bisa mendapatkan dulu pengakuan dari UNESCO. Adapun, pada bulan-bulan ini kami akan menggelar FGD lagi untuk menyusun kembali dossier Kota Lama," katanya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (25/8/2022). 

Baca Juga: 9 Wisata Gratis Saat Libur Lebaran di Semarang, Nggak Perlu Bayar Tiket Masuk

2. Kota Lama sudah masuk tentative list UNESCO

Ingin Kota Lama Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Upaya Pemkot SemarangKota Lama Semarang (instagram.com/kotalama.semarang)

Dalam penyusunan dossier yang terbaru ini Pemkot Semarang dibantu oleh jaringan kota pusaka. Untuk diketahui, jaringan kota pusaka telah membantu Sawahlunto untuk mendapatkan World Heritage dari Unesco untuk kategori mining atau tambang. 

‘’Maka itu, kami akan menggelar FGD untuk disusun dossiernya lagi. Kami akan penuhi hal-hal apa saja yang kurang di dalam dossier yang lama. Kemudian, yang terpenting dengan penyusunan dossier Kota Lama ini diharapkan bisa bergerak lagi setelah kena imbas pandemik sempat berhenti dua tahun,’’ kata Wakil Wali Kota Semarang ini.  

Untuk diketahui, Kota Lama Semarang sudah masuk dalam tentative list di UNESCO. Kendati demikian, hingga saat ini belum ada kelanjutannya lantaran ada pandemik COVID-19. 

"Kemarin ada dua yang diajukan ke UNESCO. Selain Kota Lama Semarang ada juga Kota Tua Jakarta tapi infonya didrop,’’ ujarnya. 

3. Festival Kota Lama kembali digelar

Ingin Kota Lama Jadi Warisan Budaya UNESCO, Ini Upaya Pemkot Semaranginstagram.com/gunawan1achmad

Sementara itu, Kota Lama Semarang sebagai destinasi wisata memiliki kegiatan rutin, yakni Festival Kota Lama yang akan diselenggarakan pada tanggal 15–25 September 2022 mendatang.

"Memang untuk mewujudkan Kota Lama seperti sekarang ini, tidak gampang dan tidak mudah. Semua ini tidak bisa lepas dari dukungan semuanya,’’ imbuhnya. 

Selain Kota Lama, Pemkot Semarang juga sedang menggarap revitalisasi Kampung Melayu dan berikutnya Pecinan. Ke depan semua ini akan menjadi destinasi wisata yang terintegrasi. 

Baca Juga: Ini Alasan Semarang Jadi Kota Terbaik Versi UI Green Metric

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya