Jelang PKM Berakhir, 4 Jalan Protokol di Semarang Masih Ditutup 

Kemungkinan akan dibuka saat masuki new normal

Semarang, IDN Times - Menjelang pembatasan kegiatan masyarakat (PKM) berakhir pada 7 Juni 2020 mendatang, Pemkot Semarang tidak akan menambah jumlah ruas jalan yang ditutup. Bahkan, jika jadi menerapkan new normal, kemungkinan ruas jalan yang selama ini ditutup akan dibuka. 

1. Penutupan jalan terintegrasi dengan PKM

Jelang PKM Berakhir, 4 Jalan Protokol di Semarang Masih Ditutup Ilustrasi penyekatan jalan (Dok. Dishub Kota Semarang)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang, Endro P Martanto mengatakan, saat ini penutupan jalan protokol masih berlaku karena ini satu bagian terintegrasi dengan PKM. Tujuannya, untuk membatasi dan memecah keramaian di Kota Semarang. 

"Namun, saat ini kami tidak menambah penutupan ruas jalan dan belum membuka jalan yang ditutup," ungkapnya saat dihubungi, Jumat (29/5).

Penutupan jalan itu sendiri selama ini berfungsi untuk mengurangi frekuensi kendaraan dan memecah keramaian selama masa pandemik COVID-19. 

Baca Juga: 18 Hari Penerapan PKM di Semarang Diklaim Kasus Positif COVID-19 Turun

2. Ada penurunan jumlah kendaraan dan mobilisasi masyarakat selama penutupan jalan

Jelang PKM Berakhir, 4 Jalan Protokol di Semarang Masih Ditutup Jalan Pemuda tampak lenggang karena pemberlakuan penutupan jalan di Semarang. Dok. Humas Pemkot Semarang

Endro menjelaskan, melalui penutupan jalan tersebut sudah ada penurunan jumlah kendaraan yang bermobilisasi di Semarang. Dengan demikian, jika new normal jadi diterapkan beberapa ruas jalan justru akan dibuka. 

"Sekarang ini ada empat ruas jalan protokol yang kami tutup. Sementara belum dibuka sampai menunggu PKM berakhir dan evaluasi selanjutnya," katanya. 

Untuk diketahui, empat ruas jalan protokol di ibu kota Jawa Tengah yang ditutup saat PKM berlaku antara lain, pada tahap satu seluruh akses menuju Simpang Lima dan Jalan Pemuda ditutup setiap hari mulai pukul 18.00 sampai 06.00 WIB.

Tahap dua meliputi Jalan Dr Wahidin di jalur menuju Tanah Putih, mulai persimpangan Kaliwiru sampai persimpangan Sisingamangaraja. Kemudian, Jalan Lamper Tengah dari persimpangan Majapahit sampai persimpangan Mrican. Lalu, Jalan Tanjung dari persimpangan Imam Bonjol sampai persimpangan Pemuda berlaku 24 jam.

Untuk tahap tiga, penutupan berlaku di Jalan Lamongan Raya dan Jalan supriyadi selama 24 jam. Sementara tahap empat, penutupan di Jalan Ngesrep Timur V atau jalan masuk ke Undip samping Patung Diponegoro dan Jalan Sukun Raya (samping Pizza Hut) sampai persimpangan Jalan Bina Remaja selama 24 jam.

3. Dishub terus memutarbalikan kendaraan yang akan keluar dari Semarang

Jelang PKM Berakhir, 4 Jalan Protokol di Semarang Masih Ditutup Bus dari luar kota terjaring pemeriksaan di Tol Kalikangkung Semarang. Dok. Dishub Kota Semarang

Sementara, hingga saat ini Dinas Perhubungan Kota Semarang masih terus menghalau dan meminta mereka putar balik untuk kendaraan yang akan keluar atau lewat Kota Semarang. Upaya itu merupakan bagian dari PKM. 

"Kalau sebelum Lebaran kami menghalau pendatang yang akan masuk Semarang, kali ini sebaliknya orang mau ke arah Jabodetabek atau kota lain dan lewat Semarang kami larang dan minta kembali ke tempat asal," tandas Endro. 

Baca Juga: Usai PKM Pemkot Semarang Jajaki New Normal Mulai Juni

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya