Kabar Gembira! SPP Gratis Untuk Siswa Miskin Sekolah Swasta Semarang

Berlaku untuk TK hingga SMP

Semarang, IDN Times - Pemerintah Kota Semarang meluncurkan program sekolah gratis di satuan pendidikan swasta mulai tahun ajaran baru 2020/2021. Program tersebut melibatkan 40 sekolah swasta dari jenjang taman kanak-kanak (TK), sekolah dasar (SD), dan sekolah menengah pertama (SMP) di Kota Semarang.

1. Setelah sekolah negeri kini giliran biaya sekolah swasta digratiskan

Kabar Gembira! SPP Gratis Untuk Siswa Miskin Sekolah Swasta SemarangIlustrasi Sekolah di Tengah Pandemik COVID-19 (ANTARA FOTO/REUTERS/Athit Perawongmetha)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, selama ini pemerintah telah menggratiskan biaya SPP bagi siswa di sekolah negeri. Menyusul kebijakan itu, mulai tahun ajaran baru 2020/2021 ini kebijakan itu juga berlaku di sekolah swasta.

‘’Ini kebijakan dari Pemkot Semarang. Sebab, kami melihat masih banyak siswa yang tidak diterima di sekolah negeri dan masuk golongan tidak mampu ekonomi, tapi terkendala biaya saat ingin mendaftar di sekolah swasta. Maka, mulai tahun ini pemerintah membebaskan biaya SPP siswa setiap bulannya,’’ ungkapnya saat dihubungi IDN Times, Senin (6/7/2020).

2. Sebanyak 40 sekolah dari jenjang TK hingga SMP dilibatkan dalam program sekolah swasta gratis

Kabar Gembira! SPP Gratis Untuk Siswa Miskin Sekolah Swasta SemarangGoogle

Sebanyak 40 sekolah swasta dilibatkan dalam pelaksanaan program tersebut. Adapun, terdiri atas tujuh TK, 14 SD, dan 19 SMP. ‘’Prinsipnya siswa bebas dari biaya SPP bulanan,’’ tuturnya.

Untuk diketahui, satuan pendidikan yang masuk dalam program sekolah swasta gratis ini adalah yang berada di kelas menengah bawah. ‘’Sebab, kalau sekolah menengah atas pasti SPP bulanannya sudah tinggi. Padahal, melalui program ini kami berharap tidak ada lagi siswa di Semarang yang tidak bisa sekolah karena kesulitan bayar SPP,’’ jelas Gunawan.

3. Pemerintah hanya menanggung biaya SPP siswa per bulan

Kabar Gembira! SPP Gratis Untuk Siswa Miskin Sekolah Swasta SemarangInstagram/@hendrarprihadi

Adapun, biaya SPP siswa sekolah swasta tersebut akan ditanggung Pemkot Semarang melalui dana APBD. ‘’Misalnya, biaya SPP per bulan Rp50.000 per siswa. Maka, pemerintah akan menghibahkan dana senilai Rp100.000 ke sekolah untuk satu siswa per bulan. Nanti Rp50.000 untuk bayar SPP siswa dan sisanya untuk keperluan lain seperti kesejahteraan guru,’’ katanya.

Sedangkan, untuk biaya diluar SPP yang ditanggung siswa, Dinas Pendidikan Kota Semarang berharap sekolah bisa bijak dengan memberikan keringanan atau justru membebaskan. Terkait sekolah yang terlibat dalam program sekolah swasta gratis, Dinas Pendidikan sudah melakukan verifikasi dan survei di lapangan. 

Baca Juga: PPDB 2020 di Semarang Serba Online, Tak Layani Pendaftaran di Sekolah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya