Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam, Warga Kembali ke Rumah

Pertamina menjamin pasokan BBM dan LPG aman

Cilacap, IDN Times - Pertamina memastikan stok dan distribusi BBM serta LPG aman pascainsiden kebakaran tangki produk di area Kilang Cilacap Jawa Tengah. Para warga yang mengungsi saat kejadian kebakaran tersebut sudah berangsur kembali ke tempat tinggal masing-masing. 

1. Pertamina pantau stok BBM dan LPG secara realtime

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam, Warga Kembali ke RumahSeorang petugas berada di depan mobil tangki yang melakukan pengisian BBM ke mobil tangki di area pengisian otomatis (New Gantry System) Integrated Terminal BBM Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Pjs Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Sub Holding Commercial and Trading, Irto Ginting mengatakan, pihaknya saat ini terus memonitor stok dan proses distribusi BBM serta LPG secara real time di Pertamina Integrated Command Center (PICC).

"Kami memastikan kebutuhan BBM dan LPG untuk masyarakat dapat terpenuhi dengan baik," ungkapnya dalam keterangan resmi, Minggu (14/11/2021). 

Baca Juga: Api Masih Terlihat di Tangki Kilang Pertamina Cilacap, Polisi Alihkan Lalin 

2. Suplai energi di Jateng dan DIY dari 7 terminal BBM serta 3 terminal LPG

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam, Warga Kembali ke RumahAktivitas di Terminal BBM Pertamina Dok. Serikat Pekerja Pertamina Persada IV

Kebutuhan BBM dan LPG untuk regional Jawa Tengah dan DIY, Pertamina Patra Niaga memiliki tujuh terminal BBM dan tiga terminal LPG untuk mendukung suplai energi bagi masyarakat. 

Sedangkan, untuk regional Jawa Barat, DKI, dan Banten, Pertamina Patra Niaga memiliki enam terminal BBM dan lima terminal LPG untuk mendukung suplai energi bagi masyarakat. 

"Sehingga, masyarakat tidak perlu khawatir, saat ini stok dan penyaluran dalam kondisi aman. Jika diperlukan,  skema penyaluran alternatif BBM dan LPG juga sudah disiapkan menyesuaikan kondisi lapangan sebagai antisipasi," katanya. 

3. Kilang Pertamina Cilacap terus dilakukan pendinginan

Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Padam, Warga Kembali ke RumahIlustrasi Kilang minyak PT Pertamina. (Dok. Humas Pertamina)

Irto menambahkan, bagi masyarakat yang membutuhkan informasi lebih lanjut bisa menghubungi Pertamina melalui Call Center 135.

Sementara, Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional, Ifki Sukarya mengatakan, pada pukul 23.05 WIB api di tangki produk Kilang Pertamina Cilacap sudah terkendali dan terus dilakukan pendinginan. 

"Sementara, warga pengungsi pada pukul 23.10 WIB juga sudah berangsur-angsur kembali ke kediaman masing-masing," katanya saat dikonfirmasi. 

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Terjadi di Tangki Produk

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya