Mayat Terduga ASN Bapenda Semarang Sudah Tewas Sebelum Dibakar 

Penyidik masih menunggu hasil tes DNA

Semarang, IDN Times - Mayat terbakar yang diduga ASN Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Semarang, Iwan Boedi yang ditemukan di Kawasan Pantai Marina Semarang, Kamis (8/9/2022) diketahui sudah meninggal sebelum dibakar. Hal itu diketahui dari hasil pemeriksaan laboratorium terhadap jasad tersebut.

1. Hasil pemeriksaan laboratorium mayat sudah tewas sebelum dibakar

Mayat Terduga ASN Bapenda Semarang Sudah Tewas Sebelum Dibakar Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Irwan Anwar bersama Dandim Semarang Letkol IDN Honi Havana memberikan keterangan terkait perkembangan kasus penembakan. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Semarang, Komisaris Besar Polisi Irwan Anwar mengungkapkan, jasad seorang pria yang ditemukan di Kawasan Pantai Marina Semarang itu sudah dalam kondisi tewas sebelum dibakar.

"Dari hasil pemeriksaan laboratorium, jasad tersebut sudah dalam keadaan meninggal lalu dibakar," ungkapnya melansir Antara, Selasa (13/9/2022).

Menurutnya, terdapat perbedaan antara kondisi jasad yang dibakar dalam keadaan hidup atau sesudah meninggal dunia. Kemudian, ada tindak kejahatan dalam penemuan jasad tersebut berkaitan dengan kondisi yang sudah meninggal dunia sebelum dibakar.

‘’Siapa pun jasad itu akan kami selidiki. Terlepas jasad tersebut merupakan Iwan Boedi Paulus, seorang pegawai negeri sipil Pemkot Semarang yang dilaporkan hilang sejak beberapa pekan lalu atau bukan,’’ katanya.

Baca Juga: PNS Bapenda Semarang yang Hilang Saksi Kasus Dugaan Korupsi

2. Masih proses menunggu tes DNA

Mayat Terduga ASN Bapenda Semarang Sudah Tewas Sebelum Dibakar ilustrasi tes DNA (pixabay.com/geralt)

Kendati demikian, hingga saat ini polisi belum bisa memastikan jasad pria yang terbakar itu merupakan Iwan Boedi atau bukan. Sebab, penyidik masih menunggu hasil tes DNA yang dicocokkan dengan keluarganya.

Polrestabes Semarang didukung Direktorat Reserse Kriminal Umum Kepolisian Daerah Jawa Tengah dan Badan Reserse Kriminal Polri dalam melakukan penyelidikan perkara ini.

3. Polisi temukan mayat di Kawasan Pantai Marina

Mayat Terduga ASN Bapenda Semarang Sudah Tewas Sebelum Dibakar Ilustrasi Mayat (IDN Times/Mardya Shakti)

Diberitakan sebelumnya, mayat Iwan Boedi terbakar bersama sebuah sepeda motor di kawasan Pantai Marina Semarang, Kamis (8/9/2022). Penemuan jasad tersebut bermula dari temuan sepeda motor yang terbakar oleh salah seorang petugas penjaga lahan milik PT Family.

Bersama dengan jasad dan sepeda motor yang merupakan kendaraan dinas milik Iwan Boedi tersebut ditemukan pula laptop, papan nama identitas, serta telepon seluler yang diduga milik korban.

Iwan Boedi dilaporkan menghilang sehari sebelum diperiksa sebagai saksi di Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Jateng terkait kasus dugaan tindak pidana korupsi pengalihan aset.

Baca Juga: Kepala Bapenda Semarang: Mayat yang Ditemukan Mengarah ke Pak Iwan

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya