Comscore Tracker

Nafsu Makan Bupati Tegal Umi Azizah Terganggu, Ternyata Kena COVID-19

Umi menjalani perawatan di RSUD dr Soeselo Slawi

Tegal, IDN Times - Bupati Tegal, Jawa Tengah, Umi Azizah terkonfirmasi positif COVID-19. Saat ini, Umi menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Soeselo, Slawi, Tegal.

1. Bupati Tegal dirawat intensif untuk mengurangi risiko penularan

Nafsu Makan Bupati Tegal Umi Azizah Terganggu, Ternyata Kena COVID-19Ilustrasi ruang isolasi. ANTARA FOTO/Fauzan

Berdasarkan informasi dari laman Setda Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal setda.tegalkab.go.id, Selasa (1/6/2021), kondisi klinis Bupati Tegal secara umum baik. Namun, Umi menghendaki untuk dirawat di RSUD dr Soeselo Slawi guna mengurangi risiko penularan.

Dihubungi melalui anggota keluarga yang mendampingi, Umi menuturkan sejak Rabu (26/05/2021) malam dirinya merasa kurang enak badan. Pada saat itu, ia berinisiatif mengisolasi diri di rumah dinas untuk menghindari kontak dengan orang lain.

Namun, setelah nafsu makannya terganggu, Umi meminta petugas medis RSUD dr Soeselo melakukan pengetesan COVID-19 pada Minggu (30/05/2021) sore.

Baca Juga: Klaster Ponpes di Tegal, Gegara Nekat Keluar, 11 Santri Kena COVID-19

2. Kondisi Umi positif COVID-19 tanpa gejala

Nafsu Makan Bupati Tegal Umi Azizah Terganggu, Ternyata Kena COVID-19Bupati Tegal, Umi Azizah di sela acara dinas. (dok. Setda Kabupaten Tegal)

Tak berselang lama, hasilnya dinyatakan positif terkonfirmasi virus corona. Orang nomor satu di Kabupaten Tegal itu kemudian minta dirawat di rumah sakit untuk menghindari risiko penularan, disamping fokus meningkatkan imunitas tubuh dan istirahat.

“Alhamdulillah, kondisinya sekarang sudah lebih baik. Mohon doanya saja,“ kata Umi melalui sambungan telepon dari anggota keluarganya. 

Terpisah, Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mengatakan, hasil pemeriksaan secara umum kondisi Bupati Tegal baik. 

‘’Klinisnya juga baik, tidak ada gejala berarti. Namun demikian, beliau tetap menjalani perawatan di rumah sakit agar bisa rehat sementara waktu ini di bawah pengawasan tim medis,” katanya.

3. Sebanyak 24 kontak erat Bupati Tegal dites swab PCR

Nafsu Makan Bupati Tegal Umi Azizah Terganggu, Ternyata Kena COVID-19Ilustrasi Swab Test. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Setelah dinyatakan terkonfirmasi positif COVID-19, Dinas Kesehatan setempat melakukan tracing terhadap 24 orang yang kontak erat dengan Umi. Pemeriksaan ini dilakukan sejak Senin (31/5/2021).

Jubir COVID-19 Dinas Kesehatan Kabupaten Tegal, Sarmanah Adi Muraeni mengatakan, tes swab dilakukan terhadap kontak erat Bupati Tegal yang meliputi keluarga, ajudan, sekretaris pribadi dan sopir. Total ada 24 orang yang dites swab PCR di RSUD Tegal. 

‘’Dari ke-24 sampel itu, sembilan diantaranya sudah dinyatakan negatif kecuali satu sampel yang dinyatakan invalid sehingga harus diulang,’’ katanya.

Baca Juga: Lebaran Buka, Ribuan Turis Lokal Serbu Wisata Guci Tegal 

https://www.youtube.com/embed/Bg4nZkBuZzQ

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya