PLN Upayakan Keandalan Pasokan Listrik di Tengah Pandemik COVID-19  

Jaga keselamatan ketenagalistrikan

Semarang, IDN Times - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Semarang terus berupaya menjaga pasokan listrik kepada para pelanggan di tengah pandemik COVID-19. Langkah tersebut sekaligus untuk menjaga kontinuitas agar listrik selalu andal.

1. Saat pandemik COVID-19 listrik jadi kebutuhan penting

PLN Upayakan Keandalan Pasokan Listrik di Tengah Pandemik COVID-19  Warga memasukan pulsa token listrik di tempat tinggalnya, di Jakarta, Selasa (1/4/2020). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Manager PLN UP3 Semarang, Donny Adriansyah mengatakan, khususnya di tengah pandemik ini listrik menjadi suatu kebutuhan yang penting. Hampir seluruh sendi kehidupan memerlukan listrik untuk menjalankan proses bisnisnya, mulai dari sektor industri, bisnis, pemerintahan, sosial, serta rumah tangga. 

"Salah satu upaya yang kami lakukan, yaitu  menjaga pasokan listrik dengan melakukan pemeliharaan jaringan. Adapun, PLN untuk kegiatan pemeliharaan jaringan tersebut dilakukan secara rutin," katanya melalui keterangan resmi, Jumat (19/6). 

Secara bertahap, seluruh jaringan listrik di wilayah kerja PLN akan melalui proses pemeliharaan. Pemeliharaan jaringan ini terdiri atas beberapa kegiatan, seperti penggantian peralatan dan material yang telah usang, penggantian tiang dan peninggian andongan kabel yang rendah, serta menjaga jarak aman jaringan dari pohon dengan kegiatan pemotongan pohon.

Baca Juga: Begini Cara Dapat Listrik Gratis dan Diskon PLN Bisa Akses di WhatsApp

2. Pemeliharaan jaringan listrik dilakukan rutin

PLN Upayakan Keandalan Pasokan Listrik di Tengah Pandemik COVID-19  Dok. PLN

Donny menuturkan, dalam kegiatan pemotongan pohon, pihaknya telah bekerjasama dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kota Semarang. Hal ini agar hasil pemotongan pohon aman dan tetap memenuhi kaidah estetika tata kota. 

"Tentunya dalam melakukan kegiatan pemeliharaan ini tidak bisa serta merta. Namun, harus terjadwal dengan baik, karena terkadang hal ini membutuhkan pembebasan tegangan listrik demi keselamatan petugas pelaksana," tuturnya.

3. Keselamatan ketenagalistrikan jadi utama dalam jaga keandalan

PLN Upayakan Keandalan Pasokan Listrik di Tengah Pandemik COVID-19  PLN UP3 Kudus mempersipan personel dan peralatan jaga pasokan listrik saat nataru, Kamis (19/12). IDN Times/Aji

Menurut dia, keselamatan ketenagalistrikan tetap menjadi yang utama demi menjaga pasokan listrik tetap andal dan dapat dinikmati oleh pelanggan PLN juga tetap berfokus pada keselamatan ketenagalistrikan. Langkah tersebut diwujudkan dengan melakukan serangkaian kegiatan edukasi kepada masyarakat akan bahaya kelistrikan. 

"Kami terus sosialisasikan ke masyarakat dan petugas pelayanan PLN juga rutin melakukan inspeksi ketenagalistrikan untuk menemukan potensi-potensi penyebab gangguan pasokan listrik," kata Donny. 

Oleh karena itu, imbuh dia, jika pelanggan mengalami gangguan kelistrikan atau menemukan potensi bahaya listrik, diimbau untuk melaporkannya melalui contact center PLN 123, agar dapat segera ditindaklanjuti oleh petugas. 

Baca Juga: Tagihan Listrik Bulan Juni Melonjak? Ini Jawaban PLN

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya