PTM Semarang Jalan Terus Padahal Ada Kasus COVID-19 Siswa dan Guru 

Siswa kelas 3 dan 4 SD sudah disuruh masuk sekolah

Semarang, IDN Times - Pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah masih akan terus berjalan meski ditemuan adanya kasus positif COVID-19 pada siswa dan guru di Kota Semarang. Bahkan, sekolah mulai mengizinkan siswa kelas 3 dan 4 SD mengikuti PTM.

1. Kasus COVID-19 guru dan siswa diklaim bukan klaster sekolah

PTM Semarang Jalan Terus Padahal Ada Kasus COVID-19 Siswa dan Guru Ilustrasi pembelajaran tatap muka di sekolah (dokumen/IDN Times)

Kepala Dinas Pendidikan Kota Semarang, Gunawan Saptogiri mengatakan, temuan tujuh kasus COVID-19 pada guru dan siswa saat skrining di sekolah diklaim bukan berasal dari satu sekolah. Ia mengelak jika dikaitkan dengan klaster sekolah.

‘’Sampai saat ini pembelajaran tatap muka di Semarang berjalan aman dan lancar, meski sempat ada temuan kasus COVID-19,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Kamis (30/9/2021). 

Baca Juga: PTM Dibuka di Semarang, 7 Guru dan Siswa Kena COVID-19, Duh!

2. Siswa dan guru yang tidak enak badan dilarang masuk sekolah

PTM Semarang Jalan Terus Padahal Ada Kasus COVID-19 Siswa dan Guru 

Gunawan menjelaskan, temuan kasus positif COVID-19 itu rata rata di SD. Namun, hanya ada satu hingga dua orang yang terpapar dan semuanya orang tanpa gejala (OTG). Bahkan, setelah diketahui ada siswa dan guru yang positif, mereka langsung ditangani oleh petugas puskesmas dan melakukan isolasi mandiri. 

‘’Upaya tracing juga sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan, bahkan dari 15 kontak erat semuanya negatif. Sterilisasi untuk sekolah yang ditemukan kasus juga sudah dilakukan, karena masing masing sekolah sudah memiliki Satgas COVID-19,’’ jelasnya.

Selanjutnya, dari kejadian tersebut Dinas Pendidikan Kota Semarang mengimbau jika ada siswa atau guru yang tidak enak badan diminta tidak usah masuk sekolah dulu. Sedangkan, para guru dan siswa yang terinfeksi COVID-19 saat ini sudah sembuh atau dinyatakan negatif. 

"Sudah negatif semua. Ada yang tiga hari di tes sudah negatif. Kami akan tetap selalu sampaikan pada warga semua untuk kalau ada siswa dan guru kurang enak badan tidak usah masuk dulu," katanya. 

3. Dinas Pendidikan terus evaluasi PTM

PTM Semarang Jalan Terus Padahal Ada Kasus COVID-19 Siswa dan Guru Simulasi pembelajaran tatap muka di SDN Kare, Kabupaten Madiun. Dok.IDN Times/Istimewa

Gunawan menambahkan, sejauh ini tidak ada sekolah yang berhenti melakukan PTM. Bahkan dirinya mengklaim PTM masih berjalan aman dan seperti biasa dengan aturan yang sudah ditentukan oleh Dinas Pendidikan. 

Sementara itu, ia juga mengklaim Dinas Pendidikan Kota Semarang terus melakukan evaluasi. Bahkan pada akhir September 2021, siswa di kelas lain sudah mulai masuk untuk PTM.

Seperti di SD semula baru kelas 5 dan 6, kini sudah ditambah kelas 3 dan 4. Namun pembatasan jumlah siswa di masing masing kelas tetap diberlakukan yakni 50 persen dari kapasitas ruangan. Termasuk protokol kesehatan yang dilakukan secara ketat di masing-masing sekolah. 

Baca Juga: Ortu Siswa di Semarang Setuju PTM Dimulai, Anak Bisa Belajar Maksimal 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya