Serapan Baru 46 Persen, Kabupaten Semarang Kejar Pakai Vaksin Keliling

Targetkan 168 ribu dosis vaksin COVID-19 disalurkan ke warga

Semarang, IDN Times - Serapan vaksin COVID-19 di Kabupaten Semarang per September 2021 baru mencapai 46,05 persen. Dari jumlah penduduk sebanyak 1.053.786 jiwa baru 382.604 warga yang menerima vaksinasi dosis pertama. 

1. Kabupaten Semarang buka sentra vaksinasi dan gelar vaksin keliling

Serapan Baru 46 Persen, Kabupaten Semarang Kejar Pakai Vaksin KelilingBupati Semarang, Ngesti Nugraha didampingi Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto memantau kegiatan vaksinasi di sentra vaksin Ambarawa. (dok. Djarum Foundation)

Bupati Semarang, Ngesti Nugraha mengatakan, pihaknya melakukan berbagai upaya untuk percepatan vaksinasi dan pembentukan kekebalan komunal di Kabupaten Semarang. 

‘’Untuk meningkatkan jumlah warga yang menerima vaksinasi sehingga segera menghasilkan kekebalan komunal di masyarakat, maka kami menggandeng pihak ketiga untuk bekerja sama. Di sini kami bersama Djarum Foundation meluncurkan sentra vaksinasi dan tim vaksin keliling,’’ ungkapnya di sela kegiatan vaksinasi di Kecamatan Ambarawa, Rabu (29/9/2021).

Sentra vaksinasi dan tim vaksin keliling ini akan beroperasi mulai 27 September hingga 19 November 2021 di wilayah Kabupaten Semarang. Adapun, vaksin Sinovac yang digunakan Pemerintah Kabupaten Semarang dan juga Dinas Kesehatan Kabupaten Semarang. Kemudian, puluhan tenaga kesehatan diterjunkan untuk bertugas sebagai vaksinator. Dukungan juga diberikan oleh para dokter di wilayah Semarang yang akan terjun langsung selama program vaksinasi ini berjalan.

Baca Juga: Wagub Jateng Yakin Bisa Capai Herd Immunity, Vaksinasi Ponpes Ribuan Dosis

2. Targetkan 1.500 dosis vaksin per hari

Serapan Baru 46 Persen, Kabupaten Semarang Kejar Pakai Vaksin KelilingIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Jojon)

‘’Program vaksinasi ini terdiri dalam dua kegiatan, yakni sentra vaksinasi yang berlokasi di Gedung Gotong Royong, Ambarawa dan juga tim vaksinasi keliling yang akan jemput bola ke berbagai kecamatan di Kabupaten Semarang. Untuk Sentra Vaksinasi Ambarawa, proses vaksin dosis satu dimulai pada 27 September hingga 22 Oktober 2021 dengan kuota harian sebanyak 1.500 vaksin Sinovac. Lalu, vaksinasi akan dilanjutkan ke penyuntikan dosis kedua pada 25 Oktober hingga 19 November mendatang,’’ jelas Ngesti.

Sementara itu, di jadwal yang bersamaan dengan Sentra Vaksinasi Ambarawa, juga disebar tiga tim vaksin keliling yang akan singgah di 12 kecamatan yaitu Ungaran, Pringapus, Tuntang, Sumowono, Bringin, Bancak, Pabelan, Suruh, Getasan, Tengaran, Susukan dan Kaliwungu. Total kuota harian yang akan dibawa tim vaksin keliling ini sebanyak 2.700 dosis. Dengan demikian, total target warga yang akan divaksin baik di Sentra Vaksin Ambarawa dan tim vaksinasi keliling mencapai 4.200 orang per hari.

Vice Program Director Bakti Sosial Djarum Foundation, Achmad Budiharto mengatakan, melalui program ini pihaknya ingin mendukung target pemerintah melaksanakan vaksinasi dua juta dosis per hari. Tak hanya di Kabupaten Semarang, Djarum Foundation juga menyelenggarakan program vaksinasi di Kabupaten Kudus.

3. Pendaftaran vaksinasi bisa ke kantor desa atau melalui Halodoc

Serapan Baru 46 Persen, Kabupaten Semarang Kejar Pakai Vaksin KelilingIlustrasi vaksinasi COVID-19 (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

‘’Dari kalkulasi tersebut, melalui program ini kami optimistis target 168 ribu dosis vaksin dapat disalurkan ke masyarakat atau dengan kata lain sebanyak 84 ribu penduduk Kabupaten Semarang yang divaksin dosis lengkap dalam kurun waktu September hingga November mendatang. Sehingga harapan dari Pemkab Semarang agar kekebalan komunal di Bumi Serasi terbentuk di akhir tahun benar-benar terwujud,” katanya.

Sementara itu, proses pendaftaran vaksinasi pada program ini dapat dilakukan melalui pendaftaran yang tersedia di kantor desa dan kantor kecamatan. Selain itu, warga yang ingin mengikuti program vaksinasi ini juga dapat mendaftarkan diri melalui aplikasi Halodoc. 

“Kami berharap dimulainya sentra vaksinasi dan juga tim vaksin keliling ini dapat memudahkan akses masyarakat dalam mendapatkan vaksin COVID-19 yang pada akhirnya mempercepat terbentuknya kekebalan komunal,” tandas Budiharto.

Baca Juga: Syarat Dapat Vaksinasi Booster di Semarang, Bisa Sambil Ngemal Lho

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya