Comscore Tracker

Syarat Wajib Penerima Vaksin AstraZeneca di Semarang, Usia 35 Tahun

Nakes segera divaksin Moderna

Semarang, IDN Times - Vaksin AstraZeneca mulai disuntikkan kepada warga Kota Semarang. Adapun, vaksin COVID-19 yang berasal dari Inggris ini hanya boleh diberikan kepada penerima yang berusia di atas 35 tahun. 

1. Stok vaksin AstraZeneca capai 2.000 vial

Syarat Wajib Penerima Vaksin AstraZeneca di Semarang, Usia 35 TahunVaksin COVID-19 AstraZeneca. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, Abdul Hakam mengatakan, stok vaksin AstraZeneca di Semarang ada 2.000 vial. Vaksin tersebut sudah dialokasi di puskesmas-puskesmas di Kota Semarang.

‘’Namun, ada syarat dan ketentuan yang berlaku bagi penerima. Salah satunya warga yang akan disuntik harus berusia 35 tahun ke atas. Sebab, efeknya akan lebih bagus di usia lebih dari itu,’’ ungkapnya, Selasa (3/8/2021).

Menurut Hakam, jika vaksin AstraZeneca diberikan kepada penerima di usia 35 tahun ke bawah efek samping yang terjadi salah satunya demam tinggi.

Baca Juga: Stok Vaksin Kosong! 26 Lokasi Vaksinasi di Semarang Tutup Sementara 

2. Puskesmas Halmahera layani vaksinasi dengan AstraZeneca

Salah satu puskesmas yang sudah melayani vaksinasi dengan vaksin AstraZeneca adalah Puskesmas Halmahera. Dalam unggahan di akun Instagram @pkmhalmahera, vaksin tersebut sudah diberikan sejak 30 Juli 2021 untuk dosis pertama.

Pada pengumuman dicantumkan syarat dan ketentuan bagi penerima vaksin AstraZeneca dosis pertama antara lain, usia 35 tahun ke atas, pastikan kondisi badan dalam keadaan sehat. Kemudian, membawa fotokopi KTP Kelurahan Karangtempel, Karangturi, Sarirejo, Rejosari serta harus mendapatkan nomor antrean.

3. Nakes akan segera divaksinasi dengan Moderna

Syarat Wajib Penerima Vaksin AstraZeneca di Semarang, Usia 35 Tahunilustrasi tenaga kesehatan. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara, Pemkot Semarang juga akan melayani vaksinasi bagi tenaga kesehatan dan medis untuk dosis ketiga dengan vaksin Moderna. Saat ini vaksin tersebut sudah ada di Gudang Tambakaji milik Pemprov Jawa Tengah.

‘’Bagi nakes yang sudah disuntik vaksin Sinovac atau Astra untuk dosis pertama dan kedua akan mendapat vaksinasi dengan Moderna. Vaksin Moderna ini berfungsi sebagai booster bagi mereka, karena sering berinteraksi dengan pasien COVID-19,’’ jelas Hakam.

Pemkot Semarang mengupayakan hal tersebut karena pada bulan Juni dan Juli lalu banyak tenaga kesehatan dan medis di puskesmas, rumah sakit, maupun tempat isolasi yang terinfeksi COVID-19 lagi.

Baca Juga: Sudah Percepatan, Tapi Vaksinasi di Semarang Baru Terserap 54 Persen

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya