Tak Cuma COVID-19, Waspadai Penyakit Peralihan Musim ini

Yuk, mulai rutin berantas sarang nyamuk

Semarang, IDN Times - Masyarakat perlu mewaspadai sejumlah ancaman penyakit saat peralihan musim dari kemarau ke hujan seperti yang sedang terjadi saat ini. Sebab, perubahan cuaca dari panas dan tiba-tiba hujan ini menyebabkan kelembapan udara.

1. Perhatikan daya tahan tubuh saat peralihan musim

Tak Cuma COVID-19, Waspadai Penyakit Peralihan Musim inipixabay.com/nastya_gepp

Kepala Dinas Kesehatan Kota Semarang, dokter Abdul Hakam mengatakan, dari kondisi itu imbasnya langsung pada daya tahan tubuh seseorang. ‘’Jika tidak diwaspadai bisa terkena penyakit seperti demam berdarah, infeksi saluran pernafasan akut, termasuk leptospirosis dan influenza,” ungkapnya dalam keterangan resmi, Jumat (30/10/2020).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kota Semarang, hingga akhir Oktober 2020 jumlah kasus demam berdarah dengue (DBD) mencapai 295 orang. Jumlah itu terdiri atas 166 penderita laki-laki, 129 penderita perempuan, 2 meninggal laki-laki, dan 2 meninggal perempuan. 

Baca Juga: Masuk Pancaroba, 126 Rumah Rusak Berat Dihantam Puting Beliung

2. Cegah demam berdarah mulai dengan memberantas sarang nyamuk

Tak Cuma COVID-19, Waspadai Penyakit Peralihan Musim inikemkes.go.id

Hakam menuturkan, untuk mewaspadai bertambahnya jumlah kasus demam berdarah di masyarakat hal paling utama yang perlu dilakukan untuk pencegahan. Upaya itu dengan rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk dan memperhatikan kebersihan di rumah serta lingkungan sekitar. Cara ini agar tidak ada tempat genangan yang dijadikan nyamuk untuk bersarang dan berkembang biak.

‘’Mumpung libur panjang seperti ini, lebih baik diisi dengan kegiatan bersih-bersih rumah dan lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada tempat yang memungkinkan terjadi genangan saat hujan. Jangan menumpuk barang-barang yang tidak lagi terpakai, dan jangan lupa dispenser bagian bawah itu biasanya ada sisa air yang nggak banyak orang sadari,’’ jelasnya.

3. Perhatikan gaya hidup dan pola makan serta terapkan protokol kesehatan COVID-19

Tak Cuma COVID-19, Waspadai Penyakit Peralihan Musim iniunsplash.com/Pablo Merchán Montes

Sementara itu, untuk menghindari penyakit lainnya perlu untuk menjaga gaya hidup dan pola makan yang sehat. ‘’Jangan lupa juga sempatkan olahraga minimal 30 menit setiap hari, bila perlu konsumsi vitamin sesuai kebutuhan,’’ tuturnya. 

Kemudian, imbuh Hakam, untuk mencegah COVID-19 selalu terapkan 3W, yakni wajib memakai masker, wajib mencuci tangan, dan wajib menghindari kerumunan saat keluar rumah.

Baca Juga: Biar Gak Gampang Sakit, Buang Jauh-jauh 5 Kebiasaan Makan Ini

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya