Tangki Pertalite Terbakar di Kilang Cilacap, Pertamina Transfer Minyak

Kilang RU IV Cilacap sudah beroperasi normal lagi

Cilacap, IDN Times - Kebakaran di area Pertamina Refinery Unit (RU) IV Cilacap Jawa Tengah pada Sabtu (13/11/2021) malam berhasil dipadamkan secara total pada Minggu (14/11/2021) pukul 07.45 WIB. Pertamina mengklaim, tangki yang terbakar sudah dalam kondisi aman dan Kilang RU IV Cilacap bisa beroperasi normal.

1. Kondisi di area kilang yang terbakar sudah aman

Tangki Pertalite Terbakar di Kilang Cilacap, Pertamina Transfer MinyakKilang minyak Pertamina. (Dok. Pertamina)

CEO Subholding Refining and Petrochemical, Djoko Priyono mengatakan, kebakaran tangki 36 T-102 di Kilang RU Pertamina Cilacap sudah padam total dan kondisi di area kejadian dinyatakan aman pada pukul 09.15 WIB.

‘’Kami telah melakukan penanganan berupa penyekatan pada tangki yang terbakar dengan tangki yang lain di sekelilingnya, sekaligus melakukan pendinginan dengan fire truck dan hydrant agar api benar-benar padam. Kami juga lakukan pengendalian melalui transfer ke tangki lain dan cooling di sekitar tangki yang terbakar, yakni di tangki 36 T-102 dan 36 T-103,’’ ungkapnya dalam jumpa pers secara virtual, Minggu (14/11/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Kebakaran Kilang Pertamina Cilacap Terjadi di Tangki Produk

2. Pertamina kerahkan 50 personel untuk pemadaman kebakaran

Tangki Pertalite Terbakar di Kilang Cilacap, Pertamina Transfer MinyakDirut PT Pertamina memantau langsung penanganan kebakaran tanki di kilang minyak Pertamina RU IV Cilacap, Sabtu (12/6/2021)

Untuk offensive fire fighting, Pertamina telah mengerahkan sekitar 50 personel dari Tim Bantuan Keadaan Darurat (TBKD) dan 30 personel pemadam dari internal Pertamina. Pertamina juga melakukan koordinasi dengan TNI dan Polri untuk pengamanan kondisi di lokasi sekitar area kejadian.

‘’Kami juga melakukan penanganan terhadap masyarakat sekitar bersama TNI dan Polri. Kini, masyarakat di lokasi kejadian yang mengungsi di dua lokasi, yaitu Aula Kelurahan Lomanis dan Masjid Baitul Munir Lomanis juga sudah kembali ke rumah masing-masing,’’ jelas Djoko. 

3. Operasional Kilang Cilacap berjalan normal

Tangki Pertalite Terbakar di Kilang Cilacap, Pertamina Transfer MinyakIlustrasi Kilang minyak PT Pertamina. (Dok. Humas Pertamina)

Sementara, selama terjadi kebakaran di tangki produk di area kilang minyak, seluruh operasional Kilang Pertamina Cilacap masih berjalan normal. 

‘’Kami hanya melakukan penyekatan di area tangki yang terbakar. Sedangkan, operasional di kilang minyak tetap berjalan normal,’’ tandasnya. 

Baca Juga: Api Masih Terlihat di Tangki Kilang Pertamina Cilacap, Polisi Alihkan Lalin 

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya