Terpantau! Ronda Online Pakai 10.600 CCTV di Semarang  

Pantau kondisi lingkungan sekitar hingga ke tingkat RT

Semarang, IDN Times - Masyarakat Kota Semarang sekarang bisa melakukan ronda online melalui sistem Semarang Smart City. Setiap waktu sebanyak 10.600 CCTV yang terpasang akan memantau aktivitas masyarakat.

1. Kondisi lingkungan dipantau dengan sistem daring

Terpantau! Ronda Online Pakai 10.600 CCTV di Semarang  

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi mengatakan, melalui layanan publik ini masyarakat di Kota Semarang dapat memantau kondisi lingkungan sekitar hingga ke tingkat RT dari sebuah sistem daring CCTV yang terintegrasi.

‘’Ini hasil dari upaya Pemkot Semarang dalam mengintegrasikan CCTV di seluruh kota. Kami memiliki portal yang bisa diakses oleh publik, yaitu di tiliksemar.semarangkota.go.id. Memang masih belum semua terintegrasi, tetapi kami terus berproses untuk dapat meningkatkan keamanan di Kota Semarang," ungkapnya dalam keterangan resmi, Sabtu (18/9/2021).

Baca Juga: Cuaca Ekstrem, 10 Pohon Tumbang di Semarang, Warga Harus Pakai Ilmu Titen

2. Kemampuan deteksi akan dikembangkan

Terpantau! Ronda Online Pakai 10.600 CCTV di Semarang  Ilustrasi CCTV (Unsplash/Kyaw Tun)

Adapun, sistem tersebut akan terus disempurnakan seperti menambah kuantitas CCTV agar bisa mencakup pantauan ke semua wilayah. Kemudian, menyempurnakan pemantauan yang dititikberatkan pada kemampuan sistem untuk dapat melakukan analisa secara otomatis.

"Jadi bukan hanya menampilkan gambar pantauan, tapi dikembangkan dalam kemampuan deteksi. Supaya mempermudah stakeholder dalam meningkatkan keamanan dan kenyamanan masyarakat yang tinggal di Kota Semarang," katanya. 

3. Jaringan khusus di tingkat RT terus diperluas

Terpantau! Ronda Online Pakai 10.600 CCTV di Semarang  Dok.IDN Times/istimewa cctv

Sementara itu secara detail, Kepada Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Kota Semarang, Bambang Pramusinto mengatakan, saat ini telah ada 10.600 CCTV yang terpasang. Namun dirinya tak menampik belum semua CCTV tersebut terhubung dalam jaringan, terutama untuk CCTV di wilayah RT. 

“Ada sebagian kecil yang masih proses membangun jaringan khususnya di wilayah RT. Ini yang tengah kami upayakan agar target 10.600 CCTV semua terhubung,” ungkapnya. 

Selanjutnya, Bambang juga menyebutkan bahwa jumlah CCTV yang terpasang di Kota Semarang pada tahun depan juga akan bertambah, sesuai arahan Hendi kepadanya. "Tahun depan pemkot juga masih akan menambah jumlah CCTV untuk tiap RT, sehingga akan ada lebih dari 20 ribu CCTV realtime yang dapat dipantau," tandasnya.

Baca Juga: Ditemukan 64 Kasus COVID-19 Hasil Tracing di Tempat Umum Semarang

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya