6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali Kebakaran

Salah satu destinasi wisata di Kota Semarang

Semarang, IDN Times - Relokasi Pasar Johar Semarang terbakar pada Rabu (2/2/2022) malam. Api dengan cepat melalap kios pedagang, meski begitu tidak ada korban jiwa kebakaran tersebut, hingga Kamis belum diketahui penyebab kebakaran.

Pasar Johar Semarang merupakan salah satu tempat yang merupakan destinasi wisata di Kota Semarang. Guys tahukah kalian ada beberapa fakta terkait pasar terbaik se-Asia Tenggara tersebut.

Baca Juga: Relokasi Pasar Johar Semarang Kebakaran, Belum Diketahui Penyebabnya 

1. Pasar Johar yang terbesar di Jawa Tengah

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali Kebakaraninstagram.com/imelda_akmal

Pasar Johar merupakan salah satu pasar terbesar di Jawa Tengah. Tidak hanya itu, pasar tersebut juga dijadikan sebagai cagar budaya yang menyimpan berbagai jenis barang sejarah berhubungan dengan perjalanan bangsa Indonesia.

2. Lebih dari tiga kali mengalami kebakaran

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali KebakaranFoto udara kobaran api yang membakar kompleks Relokasi Pasar Johar di Semarang, Jawa Tengah, Rabu (2/2/2022). Belum diketahui penyebab serta kerugian akibat terbakarnya area Blok F dan Blok E di kompleks relokasi pasar tradisional tersebut. Hingga Rabu (2/2) pukul 21:15 WIB belasan mobil pemadam kebakaran dibantu mobil meriam air kepolisian beserta personel TNI-Polri dan BPBD Kota Semarang masih berupaya memadamkan kobaran api. ANTARA FOTO/Aji Styawan

Pasar Johar Kota Semarang pada 9 Mei 2015 mengalami kebakaran. Meski hangus terbakar, namun konstruksi bangunan pasar yang dibangun tahun 1938 tersebut masih berdiri kokoh.

Kebakaran kedua yakni pada 27 Februari 2016, pasar baru yang masih satu kawasan dengan pasar Johar ikut terbakar akibat korsleting listrik.

Kebakaran terjadi lagi pada 18 Juni 2016. Bblok E pasar Kanjengan terbakar. Teranyar lokasi relokasi pasar Johar terbakar pada Rabu (3/2/2022).

3. Relokasi Pasar ke Lahan Masjid Agung Semarang

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali Kebakaran

Para pedagang dari Pasar Johar maupun Pasar Yaik menjadi korban lantaran kebakaran segera dilakukan relokasi ke lahan sekitar 3,5 hektar.

Tanah yang dipakai adalah tanah wakaf milik Masjid Agung Semarang. Keberadaan lahan tersebut dapat membantu para pedagang untuk berjualan sementara waktu.

Lahan pasar di dekat Masjid membantu para pedagang maupun pengunjung untuk membeli barang sesuai kebutuhan.

Selain itu, keberadaan Masjid Agung yang ramai dikunjungi orang dapat membantu pedagang memperoleh penghasilan seperti sediakala.

4. Pusat berbagai jajanan dan barang khas lokal Semarang

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali Kebakaraninstagram.com/joharsemarang

Pasar Johar seringkali dikunjungi baik warga lokal maupun luar daerah untuk melakukan transaksi. Apalagi, kota Smarang terbagi menjadi dua kawasan yakni, kawasan semarang atas dan semarang bawah.

Kawasan semarang atas merupakan daerah yang terbebas dari banjir rob. Sedangkan, semarang bawah berada dekat dengan pantai.

Apalagi banyak bandar kapal datang ke Semarang untuk berbagai keperluan seperti menjual barang maupun sekedar rekreasi.

5. Museum Nyonya Meneer

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali KebakaranGaleri Wisata

Nah, bagi Anda yang ingin berjalan-jalan ke tempat lain selain Pasar Johar Semarang. Anda bisa berkunjung ke Museum Jamu Nyonya Meneer.

Museum tersebut merupakan museum jamu pertama dan hanya satu-satunya di Indonesia. Selain itu, secara resmi pada 18 Januari 1984 diresmikan oleh Ibu Tien Soeharto.

Para wisatawan yang berkunjung ke museum bisa melihat berbagai jenis koleksi benda pribadi dari Nyonya Meneer dan proses pengerjaan jamu.

Selain itu, Anda bisa berkunjung ke Museum Rekor Indonesia. Museum ini berada satu kompleks dengan Pabrik Jamu Jago. Tentu saja, museum ini mencatat dokumentasi rekor yang sebelumnya pernah dipecahkan di Indonesia.

6. Jangan Lupa Kunjungi Laksamana Cheng Ho

6 Fakta Pasar Johar Semarang, Dibangun Tahun 1938, Tiga Kali Kebakaranassets-a2.kompasiana.com/redaksi

Setelah puas menikmati berbagai jenis jajanan maupun membeli barang-barang di Pasar Johar Semarang. Anda bisa menikmai berbagai keindahan di Laksamana Cheng Ho dengan tinggi sekitar 10,7 meter di depan klenteng Sam Poo Kong, tepatnya di Gedungbatu.

Perlu Anda ketahui, posisi patung tersebut merupakan patung dengan tinggi tertinggi di Asia Tenggara. Patung itu dibuat dengan menggunakan bahan dasar dari perunggu yang berasal dari Tiongkok.

Nah, bagi Anda yang tertarik datang ke Pasar Johar Semarang pastikan selalu mengunjungi tempat wisata lainnya di atas. Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung?

Baca Juga: Telan Biaya Rp249 Juta Pasar Johar Semarang Diresmikan Jokowi 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya