Malam Tahun Baru 2020, Kota Lama Semarang Bakal Diawasi Puluhan CCTV

Kawasan Car Free Night Slamet Riyadi Solo juga

Semarang, IDN Times - Polda Jawa Tengah pasang puluhan CCTV di lokasi wisata yang menjadi tujuan masyarakat menghabiskan malam akhir tahun 2019. Puluhan CCTV yang terkoneksi dengan instansi terkait ini dipasang di Kota Lama, Simpang Lima, kawasan Car Free Night Slamet Riyadi Solo.

Baca Juga: 5 Olahan Kambing yang Bisa Dinikmati Sambil Jelajah Kota Lama Semarang

1. CCTV bentuk kesiapsiagaan polisi untuk melakukan penindakan

Malam Tahun Baru 2020, Kota Lama Semarang Bakal Diawasi Puluhan CCTVANTARA FOTO/Muhammad Iqbal

Pemasangan CCTV tersebut yakni untuk memastikan masyarakat yang merayakan pergantian tahun aman.

Kabid Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Polda Jawa Tengah, Kombes Pol Kawedar ditemani Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Iskandar Fitriana Sutrisna mengatakan pemasangan CCTV ini sebagai bentuk kesiagaan kepolisian.

Jika terdapat kedaruratan CCTV ini telah terkoneksi dengan instansi terkait sehingga dapat cepat dalam penindakan.

“Yang pertama untuk pengawasan masyarakat yang memerlukan bantuan kesehatan, jadi kalau masyarakat mungkin melaksanakan pergantian tahun ada yang sakit ada yang accident maka bisa mengkoneksikan untuk memangil dinas kesehatan mobil ambulannya ke lokasi,” katanya, Sabtu (28/12).

2. Identifikasi pelaku kriminalitas dan juga memantau jika terdapat aksi teror

Malam Tahun Baru 2020, Kota Lama Semarang Bakal Diawasi Puluhan CCTVScreenshot Youtube

Selain itu, yang kedua CCTV juga difungsikan untuk membantu kepolisian dalam mengidentifikasi pelaku kriminalitas melalui pakaian, maupun alat. Disamping itu juga memantau jika terdapat teror, bencana.

“Tujuannya untuk mencari pelaku dan penindakan hukum,” katanya.

Menurutnya, penempatan CCTV ini juga menjadi rujukan kepolisian dalam memobilisasi tim penembak jitu yang telah disebar di lokasi strategis.

“Sesuai perintah pak Kapolda penembak jitu sudah ditempatkan oleh Brimob di tempat strategis, ketika terjadi tindak kejahatan kriminal, tim penembak jitu dari Brimob dengan mudah kita operasikan untuk bisa dikoneksikan,” ujarnya.

3. Dipasang di lokasi keramaian di Semarang dan juga di Solo

Malam Tahun Baru 2020, Kota Lama Semarang Bakal Diawasi Puluhan CCTVIDN Times/ Dhana Kencana

Selain di Kota lama, CCTV terintegrasi ini juga dipasang di daerah lain seperti di area Car Free Night Slamet Riyadi Solo dan juga tempat berkumpulnya masa lain.

“Total ada 40 CCTV, lokasi di Semarang di Kota lama sekitar 20, di Slamet Riyadi juga ada total ada 50 CCTV di Semarang dan Solo. Di Simpanglima sudah ada , nanti kita integrasikan dengan yang ada di Kota Lama,” pungkasnya.

Baca Juga: Pantau Lalu Lintas Nataru Dishub Pasang 26 CCTV dan Pengeras Suara

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya