Mobil Dinas Pemprov Jateng Ditempeli Doa Tak Selamat Kalau Korupsi

Unjuk rasa ala millennial

Semarang, IDN Times - Mobil dinas Pemerintah Provinsi Jawa Tengah ditempeli stiker anti korupsi oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Gubernur Jateng menempelkan sticker bertuliskan 'Nek Aku Korupsi, Aku Ora Slamet (Kalau aku korupsi, aku tidak akan selamat)' itu dipasang di beberapa bagian mobil

Baca Juga: [Foto] Begini Cara Ganjar Rayakan Hari Anti Korupsi Bareng Para Siswa

1. Peringati hari anti korupsi sedunia bersama ribuan pelajar Semarang

Mobil Dinas Pemprov Jateng Ditempeli Doa Tak Selamat Kalau KorupsiGubernur Jateng Ganjar Pranowo menempel stiker antikorupsi ke mobil dinas pejabat Pemprov Jateng, Minggu (8/12). Humas Jateng/Slam

Penempelan sticker bersamaan dengan peringatan hari Anti Korupsi sedunia tersebut sebagai komitmen dari Pemerintah Provinsi Jateng untuk meberantas korupsi.

Peringatan hari anti korupsi sedunia (Hakordia) di Pemprov Jateng pada Minggu (8/12) diikuti oleh ribuan pelajar yang menggelar aksi demonstrasi.

2. Untuk mengingatkan sekaligus doa bagi PNS Pemprov Jateng

Mobil Dinas Pemprov Jateng Ditempeli Doa Tak Selamat Kalau KorupsiIDN Times/Fariz Fardianto

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo juga menempeli mobil-mobil dinas Pemprov Jateng dengan stiker antikorupsi.

Sejumlah mobil dinas yang diparkir di halaman kantor Gubernur Jateng menjadi target penempelan sticker oleh Ganjar. Stiker bertuliskan 'Nek Aku Korupsi, Aku Ora Slamet' itu dipasang di beberapa bagian mobil.

Salah satu mobil dinas yang dipasangi stiker oleh Ganjar adalah mobil dinas Asisten 1 Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Sarwa Pramana. Sebelum memasang stiker itu, Ganjar memanggil Sarwa untuk diberikan sosialisasi.

"Ini mobil siapa, oh pak Asisten. Ayo sini pak, maju ke depan," kata Ganjar.

Kepada Sarwa, Ganjar menjelaskan tujuan dari penempelan stiker antikorupsi itu. Selain untuk selalu mengingatkan, stiker tersebut lanjut Ganjar juga untuk doa seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jateng.

"Jadi ini untuk pengingat sekaligus doa, nek dhewe korupsi, berarti ora slamet (kalau kita korupsi, berarti kita tidak akan selamat). Pak Sarwa siap kan?," tanya Ganjar.

"Siap pak," jawab Sarwa mantab.

3. Ajak pelajar untuk ikut tempeli ajakan antikorupsi di mobil-mobil dinas

Mobil Dinas Pemprov Jateng Ditempeli Doa Tak Selamat Kalau KorupsiPeringatan hari antikorupsi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan ribuan pelajar, Minggu (8/12). Humas Jateng/Slam

Selain mobil Sarwa, sejumlah mobil dinas lain juga ditempeli sticker tersebut. Ganjar meminta para pelajar untuk menempelkan di kaca-kaca mobil.

"Yang rapi ya, ayo tempel satu-satu," ucap Ganjar diikuti ribuan pelajar lain.

4. Demonstrasi gokil para millennial Semarang menyuarakan antikorupsi

Mobil Dinas Pemprov Jateng Ditempeli Doa Tak Selamat Kalau KorupsiPeringatan hari antikorupsi Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan ribuan pelajar, Minggu (8/12). Humas Jateng/Slam

Peringatan Hakordia 2019 di Jawa Tengah juga dilangsungkan demonstrasi yang diikuti oleh ribuan pelajar. Demonstrasi tersebut menyuarakan perlawanan terhadap korupsi.

Unjuk rasa tersebut dilangsungkan sambil berjalan kaki menuju kantor Gubernur Jateng. Mereka meneriakkan yel-yel anti korupsi dan mengangkat tinggi poster-poster berisi tuntutannya.

Uniknya, poster yang dibawa para pelajar itu tidak seperti poster demo biasanya. Khas dengan generasi millenial, kalimat-kalimat unik seperti 'Jangan Makan Uangku, Makan Saja Mantanku', 'Cukup Atiku Sing Ambyar, Negoroku Ojo', 'Mending Ketemu Tikus Tanah, Dibanding Tikus Berdasi', dan lainnya, menghiasi poster-poster mereka.

Demo di tengah Car Free Day itu semakin meraih dengan adanya instalasi mosaik. Ribuan kertas warna warni ditempelkan para pelajar dan warga pada sembilan panel. Sebelumnya mereka menuliskan harapan, doa, kritik, dan dukungan untuk pemberantasan korupsi. Sembilan panel itu kemudian digabung membentuk gambar tikus dicoret.

Baca Juga: Tanpa Kamu Sadari, 5 Hal Kecil Ini Ternyata Sudah Termasuk Korupsi Lho

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya