Natal dan Tahun Baru 2020 Kementerian PUPR Bentuk Tim Siaga di Pantura

Pastikan jalur Pantura dilalui dengan nyaman

Laporan Haikal Adithya

Tegal, IDN Times - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan jalan nasional jalur Pantai Utara (Pantura) Barat siap menghadapi arus kendaraan pada perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2020.

Baca Juga: Jalan Tol Layang Japek Siap Digunakan Saat Natal dan Tahun Baru 

1. Perbaikan jalan sudah selesai dilakukan

Natal dan Tahun Baru 2020 Kementerian PUPR Bentuk Tim Siaga di PanturaPetugas tengah melakukan pekerjaan rutin, berupa pengecatan marka jalan dan median jalan Jalur Pantura Losari, Kabupaten Brebes hingga perbatasan Kabupaten Pemalang. IDN Times/Haikal Adithya

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan nasional Brebes-Tegal Bina Marga Wilayah 1 Jawa Tengah, Yudi Harto Suseno mengatakanm, kondisi Jalur Pantura Losari, Kabupaten Brebes hingga perbatasan Kabupaten Pemalang sepanjang kurang lebih 66 KM dapat dipergunakan sepenuhnya.

Yudi mengatakan, Jalur Pantura dapat dilalui dengan nyaman oleh pengendara, karena sudah selesai diperbaiki sejak awal Januari hingga September 2019 lalu. Namun demikian, hingga saat ini masih dilakukan pekerjaan rutin, berupa pengecatan marka jalan dan median jalan.

“Kondisi jalan mulai perbatasan Jateng-Jabar hingga perbatasan Pemalang sudah baik. Kita pastikan bisa dilalui pengguna jalan dengan nyaman,” beber Yudi kepada IDN Times, Kamis (12/12) siang.

2. Dibentuk tim siaga Nataru

Natal dan Tahun Baru 2020 Kementerian PUPR Bentuk Tim Siaga di PanturaPejabat Pembuat Komitmen (PPK) jalan nasional Brebes-Tegal Bina Marga Wilayah 1 Jawa Tengah, Yudi Harto Suseno. IDN Times/Haikal Adithya

Meski sudah dinyatakan aman dan nyaman untuk dilalui pengendara, Bina Marga Wilayah 1 Jawa Tengah tetap membentuk tim siaga Nataru 24 jam. Nantinya, tim tersebut akan bekerja secara mobile di sepanjang jalur Losari hingga Pemalang.

Adapun posko tim siaga yang biasanya dipusatkan di beberapa lokasi, pada tahun ini Bina Marga Wilayah 1 Jawa Tengah menempatkan tim di kantornya masing-masing. Mereka siaga dilengkapi dengan material dan peralatan berat.

3. Jembatan di perbatasan Brebes dan Tegal masih layak dilalui

Natal dan Tahun Baru 2020 Kementerian PUPR Bentuk Tim Siaga di PanturaPetugas tengah melakukan pekerjaan rutin, berupa pengecatan marka jalan dan median jalan Jalur Pantura Losari, Kabupaten Brebes hingga perbatasan Kabupaten Pemalang. IDN Times/Haikal Adithya

Ihwal kondisi jalan di jembatan perbatasan Brebes dan Tegal yang kerap rusak, Yudi menambahkan bakal mengusulkan anggaran pada 2020 nanti. Sebab, anggaran yang tersisa saat ini tidak mencukupi untuk dilakukan perbaikan.

“Setelah kita memperhitungkan, anggarannya kurang. Tahun depan akan diusulkan, agar bisa diperbaiki. Namun, kondisinya masih layak dan aman untuk dilalui,” tutupnya.

Baca Juga: Jelang Tahun Baru, Ini 4 Ide Mengisi Liburan Seru di Jakarta

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya