Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati Banyumas

Minat besar di bidang riset dan teknologi

Riwayat Perjalanan Achmad Husein Sebagai Bupati Banyumas, Ir. Achmad Husein yang merupakan Bupati Banyumas.

Achmad Husein menjabat selama periode 2013-2018, Ia menjabat selama masa kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Joko Widodo.

Pria kelahiran Jakarta, 17 Agustus 1959 ini adalah seorang sarjana teknik sipil ITB.

Baca Juga: Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa Tengah

1. Riwayat Hidup Achmad Husein

Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati BanyumasHumas Jateng/Slam

Sebelumnya ia pernah menjabat sebagai direktur utama PDAM Kabupaten Banyumas di tahun 2005-2007, kemudian di tahun 2008-2013 ia juga pernah menjabat sebagai wakil Bupati Banyumas periode 20078-2013.

Pria beragama islam ini kemudian maju dalam pilkada Banyumas di tahun 2013 bersama pasangannya Budhi Setiawan.

Dia tergabung dalam Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP, bersama pasangan Erna Suslistyowati. Ia merupakan alumni SMA Negeri 1 Purwokerto dan melanjutkan studinya di Institute Teknologi Bandung ITB.

Achmad Husein merupakan sosok Bupati yang sudah menorehkan banyak karya hingga mendapat gelar adipati dari Kasunanan Surakarta.

2. Mendapat Gelar Adipati dari Keraton Solo

Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati BanyumasRudal Afgani

Dalam pilkada tersebut suaranya unggul 45,43 persen. Selanjutnya di tahun 2013 Achmad Husein mendapatkan gelar kebangsawanan sebagai Kanjeng Pangeran Haryo Adipati Purbowinoto setingkat dengan adipati.

Gelar kebangsawanan tersebut diperoleh dari kesunanan Surakarta, pada penganugerahan gelar yang dilakukan oleh Panembahan Agung Tedjowulan.

Ia adalah satu-satunya masyarakat awam yang memperoleh gelar adipati, gelar tersebut akhirnya membawa ia menyandang sebagai Sentono dalem atau kerabat raja.

Perolehan gelar tersebut didasarkan karena wilayah Banyumas yang dipimpinnya merupakan cikal bakal Keraton Surakarta. Selain bupati terdapat 20 orang yang juga mendapat gelar beragam.

3. Riwayat Pekerjaan Achmad Husein

Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati BanyumasIstimewa

Sebelum menjadi Bupati Banyumas pria kelahiran Jakarta 1959 ini sudah memulai karirnya di beberapa perusahaan ternama. Beliau pernah menjabat sebagai Civil Supervisor dan Civil Engineer PT. Hutama Jala Jakarta tahun 1986-1990.

Selain itu ia juga pernah menjabat sebagai Project Manager PT. Chiyoda International tahun 1990-1999.

Tidak hanya itu ia juga pernah menjabat sebagai Project Control Manager PT. Thames Pamjaya tahun 1999-2002 dan Administration Manager PT. Ume Persada tahun 2002-2003.

Kemudian ia juga pernah bekerja sebagai Direktur Distribusi PDAM Surabaya tahun 2003-2005 dan Direktur Utama PDAM Kabupaten Banyumas di tahun 2005-2008.

Sampai akhirnya ia menjadi Wakil Bupati Banyumas 2008-2013 dan Bupati Banyumas mulai tahun 2013 sampai sekarang.

Achmad Husein seorang yang memiliki hobi dalam bidang riset teknologi terapan dan memiliki motto hidup yakni ‘bahagia dengan membahagiakan orang lain’. Motto hidup yang cocok seperti profesinya sebagai Bupati saat ini.

4. Erna Husein Sosok Dibalik Suksesnya Achmad Husein

Profil Achmad Husein dan Riwayat Perjalanan Bupati BanyumasIstimewa

Erna Sulistyawati atau yang akrab dikenal erna husein merupakan sosok wanita hebat dibalik suksesnya Achmad Husein.

Ia adalah seorang istri yang setia menemani perjalanan suka dan duka suaminya yakni Achmad Husein. Sebagai istri Bupati ia kerap membantu tugas suaminya dengan membawa tim ibu-ibu PKK menjuarai berbagai perlombaan di tingkat provinsi.

Selain sukses menjadi seorang istri bupati ia juga sukses menjadi sosok ibu yang mampu mendidik anak-anaknya dengan kasih sayang.

Ia adalah sosok yang aktif dan pandai menbagi waktunya antara masyarakat dengan keluarga. Sehingga sosok nya ini juga dikenal akrab oleh warga Banyumas karena kerap membantu sang suami dalam bekerja.

Itulah ulasan singkat tentang sosok Bupati Banyumas, achmad husein yang mendapat gelar adipati di tanah jawa.

Baca Juga: Profil Ganjar Pranowo, Dua Periode Jabat Gubernur Jateng  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya