Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati Kudus

Harus bekerja demi biaya pendidikan

Putra daerah Kudus ini memiliki perjalanan hidup mulai dari putus sekolah, menjadi pengusaha, ikut dunia politik dan akhirnya sukses menjadi orang nomor satu di Kudus. Bahkan saat masih kecil dia harus bekerja agar bisa meneruskan sekolah.

Karena itu profil Hartopo layak menjadi inspirasi bagi orang yang ingin sukses di dunia. Khususnya bagi anak muda sekarang yang ingin sukses di dunia usaha, pendidikan ataupun politik.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kudus Paling Hits Ini Wajib Masuk Bucket List Kamu

1. Pendidikan Saat Masih Kecil

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusPlt Bupati Kudus HM Hartopo. IDN Times/Aji

Saat masih duduk di bangku sekolah dasar, Hartopo mengalami banyak keterbatasan. Terbukti ketika saat sekolah kelas 4 di SD Muhammadiyah Kudus, pria kelahiran Kudus, 10 Agustus 1967 ini harus putus sekolah.

Namun, semangatnya untuk menuntut ilmu sangat luar biasa. Meski masih kecil, dia bekerja agar bisa meneruskan sekolahnya.

2. Pendidikan Hingga S3

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/Aji

Hartopo terus punya komitmen kuat untuk sekolah hingga tinggi. Setelah itu dia secaa berangsur masuk ke SMPN Kudus, SMAN 1 Kudus, D3 di Akademi Teknologi Ronggolawe Cepu, S1 dan S2 di Universitas Mahendradatta Denpasar, meneruskan S2 di Universitas Muria Kudus, dan terakhir S3 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

3. Menjadi Pengusaha

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/DIskominfo Kudus

Karir di bidang pekerjaan juga relatif sukses. Terbukti dengan karirnya di salah satu perusahaan besar Lamtoro Gung Group Persada di bidang konstruksi, dan perdagangan sejak 1994 sampai 1998.

Pengalamannya tersebut kemudian dijadikan modal untuk membuat usaha sendiri. Hingga akhirnya sukses menjadi seorang pengusaha Kudus yang sangat berpengaruh hingga sekarang.

4. Karir Politik

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusPlt Bupati Kudus HM Hartopo meninjau PAUD Terpadu Kalirejo Kudus. (IDN Times/Aji)

Dari kesuksesannya menjadi pengusaha, kemudian dia masuk ke dunia politik agar bisa lebih beprengaruh untuk masyarakat luas. Suami dari Mawar Anggraini ini menjadi kader PDI Perjuangan yang berhasil menjadi anggota DPRD Kabupaten Kudus periode 2014 hingga 2018.

Hal ini menunjukkan kepercayaan masyarakat yang luar biasa terhadapnya. Sehingga membuatnya semakin percaya diri di dunia politik.

5. Menjadi Wakil Bupati

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/Aji

Karir politik Hartopo juga semakin meroket. Pada masa pemilihan Bupati Kudus 2018, dia maju mencalonkan diri sebagai Wakil Bupati berpasangan dengan M Tamzil. Pasangan ini akhirnya mampu mengalahkan incumbent dan berhasil memenangkan kursi nomor satu dan dua di Kudus.

6. Menggantikan Posisi Bupati

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/Aji

Seperti mendapat berkah karena pasangannya melakukan tindakan korupsi, Hartopo menjadi PLT menggantikan posisi Bupati Kudus. Kasus jual beli jabatan membuat pasangannya harus mendekam di penjara sejak Juli 2019.

Alhasil Hartopo harus menjadi pelaksana tugas atau PLT menggantikan M Tamzil mulai dicopotnya jadi Bupati. Hingga April 2021 Hartopo akhirnya diangkat sebagai Bupati Kudus dan meneruskan masa kerja hingga 2023.

7. Prioritas Kerja

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/Aji

Diserang dengan kasus korupsi yang menjerat nama pasangannya, tentunya Hartopo harus bisa mengembalikan nama baik pemerintahannya. Hal ini menjadi prioritas kerja yang terus dilakukannya hingga masa akhir jabatan, yaitu untuk fokus tata kelola pemerintahan.

Prioritas lainnya adalah dengan menegakkan rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Kudus. Hal ini menjadi pesan khusus dai Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo karena wilayah Kudus merupakan wilayah sempit dan sangat rentan dari berbagai bangunan liar.

8. Tetap Sederhana

Profil Hartopo, Berjuang Demi Pendidikan dan Sukses Jadi Bupati KudusIDN Times/Aji

Meski sekarang menjadi seorang Bupati, Hartopo tetap menjaga hidup sederhana. Hobi otomotif dan taekwondo memperlihatkan hal ini.

Sering kali Hartopo terlihat membawa sepeda motor berkeliling untuk memantau masyarakatnya secara langsung. Hobi taekwondonya juga terus dijaga dengan sering berlatih bersama dengan para ajudannya.

Perjalanan hidup yang terlihat dari profil Hartopo ini sangat menginspirasi banyak orang. Terutama dalam hal berjuang untuk mendapatkan pendidikan.

Baca Juga: Setelah Nonton Video dan Iming-iming Doorprize Warga Kudus Mau Vaksin 

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya