Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa Tengah

Merupakan putra dari almarhum Mbah Moen

Semarang, IDN Times - Taj Yasin Maimoen merupakan Wakil Gubernur Jawa Tengah yang mendampingi Ganjar Pranowo memimpin Provinsi Jateng.

Taj Yasin merupakan putra ulama kharismatik almarhum KH Maimoen Zubair yang terjun ke dunia politik. Saat ini Taj Yasin Maimoen menempati kursi wakil gubernur mendampingi Ganjar Pranowo di periode 2018 hingga 2023 nanti.

Pada Pilkada Provinsi Jateng, Taj Yasin Maimoen maju ke kursi wakil gubernur dengan mengantongi dukungan dari berbagai pihak seperti partai PDI – Perjuangan, PPP, Demokrat, Nasdem, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Dibujuk Para Kiai, Putra Mbah Moen Taj Yasin Maju Jadi Calon Ketum PPP

1. Pernah menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Tengah

Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa TengahJatengprov.go.id

Sebelum ia duduk di kursi wakil gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen pernah menjabat sebagai seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Tengah. Ia merupakan anggota dari fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang juga berasal dari daerah pemilihan Jawa Tengah 2 pada periode 2014-2018 dari partai PPP.

Saat menjabat sebagai anggota DPRD Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen duduk di posisi komisi E, dimana ia membidangi pengawasan agama, kesra, pendidikan, olahraga, kepemudaan, dan bidang terkait lainnya.

2. Aktif berorganisasi khususnya GP Ansor Jawa Tengah

Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa TengahTaj Yasin menyampaikan motivasi kepada santriwati di pondok pesantren agar disiplin menjalankan protokol kesehatan, beberapa waktu yang lalu. (Istimewa)

Selain sebagai Wakil Gubernur Jateng, Taj Yasin Maimoen juga aktif berorganisasi khususnya yakni GP Ansor, Ia pernah menjabat sebagai ketua umum GP Ansor Jawa Tengah.

Taj Yasin Maimoen merupakan anak dari seorang ulama besar dan terkenal dari Rembang yaitu KH. Maimun Zubair. Sebelumnya pria yang kerap Gus Yasin ini, menempuh pendidikannya di Rembang, serta sempat juga berkecimpung di Pelajar Islam Indonesia yang ada di Damaskus, Suriah.

3. Representasi kalangan religius yakni dari Nahdlatul Ulama

Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa TengahWagub Jateng Taj Yasin Maimoen saat disambut tarian khas Blora. (Dok Humas Wagub Jateng)

Melihat latar belakang Pendidikan, keluarga, serta organisasi sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya, Gus Yasin sendiri kini dinilai sebagai seseorang yang merupakan representasi kalangan orang religius terutama di Nahdatul Ulama (NU).

Pria yang lahir di Rembang, Jawa Tengah pada 2 Juli 1983 ini merupakan seorang santri yang seringkali disapa Gus Yasin. Taj Yasin Maimoen sendiri bertempat tinggal di Desa Karang Mangu RT. 04 RW. 06, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah.

4. Dikenal sebagai politisi muda yang ramah dan kalem

Profil Taj Yasin Maimoen Politisi Muda Wakil Gubernur Jawa TengahInstagram @tajyasinmaimoen

Ketua dari DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini yang kini juga menjabat sebagai wakil gubernur kini telah menikah dengan Nawal Yasin dan memiliki tiga orang anak.

Politisi muda yang baru berusia 34 tahun ini merupakan sosok individu yang ramah dan juga kalem sehingga tidak banyak bicara dan siap untuk menjalankan kewajiban dan tugasnya. Namun tentunya diharapkan dengan adanya wakil pemimpin muda ini dapat lebih memudahkan jalur komunikasi dari pihak terkait.

Itulah profil singkat Taj Yasin Maimoen Wakil Gubernur Jawa Tengah yang kini mendampingini Ganjar Pranowo dalam menjalankan pengabdiannya kepada daerah dan juga negara. Semoga Anda dapat semakin tahu dan mengenali para pejabat pemerintah di daerahmu ya guys.

Baca Juga: Profil Ganjar Pranowo, Dua Periode Jabat Gubernur Jateng  

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya