Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - Erina

Ditutup dari Minggu pagi hingga malam hari

Surakarta, IDN Times - Selama pernikahan Kaesang - Erina di Pura Mangkunegaran, Solo, Minggu (11/12/2022) polisi melakukan rekayasa lalu lintas.

Beberapa ruas jalan di Solo di sekitar lokasi pernikahan ditutup dan dialihkan ke ruas jalan lain. Ruas jalan di sekitar Pura Mangkunegaran diprediksi bakal mengalami kepadatan tinggi.

Baca Juga: Jalani Prosesi Siraman, Kaesang Digendong Jokowi

1. Pengalihan arus lalu lintas yakni pada Minggu

Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - ErinaJalur rel KA di Jalan Slamet Riyadi, Solo (Dok. PT KAI Daops VI)

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan pengalihan arus lalu lintas bakal diberlakukan pada Minggu (11/12/2022) mulai dari jam 05.00 sd 23.00 WIB.

"Karena ada kegiatan dan kepadatan tinggi sekitar mangkunegaran. Arus lalu lintas arah mangunegaran sementara dialihkan," katanya Jumat (9/12/2022).

Selain rekayasa lalu lintas Polda Jateng juga telah menyiapkan tim urai lalu lintas saat penyelenggaran resepsi ngunduh mantu putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono, di Kota Solo, Minggu (11/12/2022).

"Mohon maaf kepada masyarakat yang mungkin terganggu aktifitas nya . Kami berupaya arus lalu lintas tetap lancar," kata Iqbal.

2. Daftar ruas jalan di Solo yang ditutup dan pengalihannya

Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - ErinaIlustrasi lalu lintas. (IDN Times/Gregorius Aryodamar P)

Beberapa ruas jalan di Solo yang bakal ditutup dialihkan selama pernikahan Kaesang - Erina di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Minggu (11/12/2022).

1. Simpang empat KFC Slamet Riyadi arah Mangkunegaran dialihkan belok kiri melalui jl Teuku umar
2. Dari sugiyapranata ke arah Mangkunegaran ke arah Mangkunegaran dialihkan melalui jl. Ronggowarsito
3. Dari monumen pers arah Mangkunegaran dialihkan ke kanan lewat jalan gajahmada
4. Arus lalin dari arah timur ke arah Mangkunegaran dialihkan arah Ronggo warsito
5. Perempatan masjid solichin menuju arah Mangkunegaran dialihkan ke arah gajah mada

3. Siapkan tim urai yang terhubung dengan TMC Polresta Surakarta

Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - ErinaApel gelar pasukan di Polresta Surakarta. (Dok/Humas Polresta Surakarta)

Sejumlah tim urai lalu lintas juga disiapkan di lima Polsek yang ada di Surakarta.

Tim urai tersebut akan terhubung dengan Traffic Management Center Polresta Surakarta yang akan menginformasikan titik-titik kemacetan yang membutuhkan pengaturan lalu lintas.

"Tim ini akan memantau perkembangan informasi dan siap membantu mengarahkan pengguna jalan bila terjadi crowded sehingga tidak menimbulkan kemacetan serius di jalan raya," kata Kabidhumas.

4. Tim urai lalu lintas juga disiapkan di jalur kirab temanten

Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - ErinaIDN Times/Larasati Rey

Tak hanya tim urai, Polda Jateng juga menyiapkan rekayasa lalu lintas pada saat rangkaian resepsi ngunduh mantu Kaesang - Erina nantinya.

Pihak kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas terutama pada pelaksanaan kirab yang akan mengambil start di Loji Gandrung dan berakhir di Pura Mangkunegaran.

"Rekayasa Lalu Lintas akan dilakukan pada momen Kirab dari Lodji Gandrung Menuju Pura Mangkunegaran. Adapun rute kirab diawali mulai depan Lodji Gandrung dan melalui ruas jalan yaitu Simpang tiga Sriwedari, Simpang tiga Pengadilan, Simpang empat Novotel dan seterusnya hingga nanti finish di Gapura Mangkunegaran," jelas Kabidhumas.

5.Jokowi sampaikan permintaan maaf ke warga Solo dan Jogja

Ruas Jalan di Solo yang Ditutup Selama Pernikahan Kaesang - Erinaprosesi siraman Kaesang Pangarep (dok. Tim Media Pernikahan Kaesang-Erina)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan permintaan maaf kepada warga, khususnya untuk warga Solo dan Yogyakarta pada saat penyelenggaran pernikahan putra bungsunya Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudono pada Sabtu dan Minggu tanggal 10-11 Desember 2022 mendatang.

Presiden Jokowi menilai kegiatan pernikahan tersebut nantinya akan menganggu kenyamanan terutama perjalanan dan lalu lintas kendaran di sekitar acara venue pernikahan yang rencananya akan digelar di Royal Amabrukmo Yogyakarta dan Pura Mangkunegaran Solo.

"Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya baik yang di Jogja maupun yang di Solo atas pernikahan Kaesang dan Erina apabila dalam acara tersebut mengganggu perjalanan maupun lalu lintas yang ada kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," ujar Presiden Jokowi.

"Moga-moga nggak ada yang terganggu. Kalau ada yang terganggu kami mohon maaf yang sebesar-besarnya," imbuhnya.

Baca Juga: Makna Bleketepe di Pernikahan Kaesang Erina, Tradisi Kerajaan Mataram!

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya