Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa Tengah

Ganjar cek kesiapan normal baru 

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo membeberkan penerapan new normal atau normal baru di tengah pandemik COVID-19 di Provinsi Jawa Tengah. Hal ini sesuai instruksi presiden Jokowi yang menyebutkan masyarakat Indonesia mesti belajar berdamai dengan virus corona dengan menerapkan normal baru atau new normal life di tengah pandemik.

Aturan dan panduan terkait new normal di Indonesia sendiri telah disusun oleh Kemenkes dan dikirim ke masing-masing provinsi dan kabupaten/kota.   

Ganjar Selasa (26/5) melakukan pengecekan kesiapan pemberlakuan new normal di mall serta kantor pelayanan publik yang ada di Semarang.

Baca Juga: Alasan Ganjar Pranowo Belum akan Terapkan New Normal di Jawa Tengah

1. Sebelum diterapkan di masyarakat instansi pemerintah harus memberi contoh lebih dulu

Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa TengahIDN Times/Sukma Shakti

Ganjar mengatakan panduan penerapan normal baru atau new normal virus corona telah dia terima, demikian pula dengan para bupati dan wali kota di wilayah Jawa Tengah. Menurutnya sebelum normal baru atau new normal benar-benar diterapkan di seluruh lapisan masyarakat, instansi pemerintah mesti memberi contoh terlebih dahulu.

"Hari ini saya perintahkan seluruh dinas untuk mulai menata. Yang back office mereka kita minta untuk mengatur jaraknya agar tidak terlalu dekat, yang sifatnya pelayanan umum, mesti mengikuti protokol kesehatan, biasanya yang berhubungan dengan masyarakat langsung ada tabir pembatasnya," kata Ganjar.

2. Ganjar sidak pelaksanaan new normal di Semarang

Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa Tengahusnews.com

Selasa siang Ganjar juga meninjau sejumlah pusat perbelanjaan dan kantor pelayanan pubik di Kota Semarang. Pengecekan dilakukan di Paragon Mall, Mall Ciputra dan Mall Matahari Semarang, serta kantor Samsat III Online Hanoman dan Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Jateng.

Di tempat-tempat yang dikunjunginya itu, Ganjar melihat praktik normal baru sudah mulai berjalan. Para pengunjung yang datang hampir semuanya tertib memakai masker dan duduk atau antre dengan saling menjaga jarak.

3. Normal baru, mall di Semarang perketat pemberlakuan protokol kesehatan

Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa TengahGubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sidak ke Mal dan kantor pelayanan publik untuk kesiapan pemberlakuan new normal corona, Selasa (26/5). Dok Humas Jateng

General Manager Paragon Mall Semarang, Lie Jemmy mengatakan, pihaknya sudah memperketat protokol kesehatan untuk pengunjung Paragon Mall. Dari pintu masuk, semua pengunjung diperiksa satu-satu suhu tubuhnya.

"Pengunjung juga wajib pakai masker, kalau ada yang tidak pakai, kami jual di luar dan kalau tidak mau pakai kita larang masuk mall. Kami sudah ketat terapkan protokol ini, demi pencegahan covid-19," kata Lie.

Dirinya juga telah membentuk tim keamanan yang patroli berkeliling mall. Tidak hanya kepada pengunjung, namun juga para karyawan toko di mall menjadi sasaran patroli untuk pakai masker dan jaga jarak.

4. Penerapan normal baru harus dibiasakan di tengah pandemik

Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa Tengahpexels.com

Di Semarang pengelola perkantoran maupun pusat perbelanjaan rata-rata telah menerapkan protokol kesehatan sebagai syarat new normal atau normal baru seperti menyediakan tempat cuci tangan. Untuk masuk ke kantor dan pusat perbelanjaan, semua pengunjung dicek suhu tubuhnya satu-persatu menggunakan thermal gun dan wajib cuci tangan.

Para petugas seperti satpam, penjaga pelayanan depan, kasir, penjaga toko maupun petugas kebersihan banyak yang melengkapi diri dengan masker dan penutup wajah atau face shield. Ada pula yang memasang mika atau kaca penghalang di depan pelayanan dan toko masing-masing sebagai pelindung.

"Ini adalah cara kita berlatih untuk hidup baru. Kebiasaan baru ini mesti dilakukan oleh masyarakat, pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan pakai sabun. Cara yang cukup kreatif ini perlu dilakukan, sehingga ekonomi berjalan normal, masyarakat tetap terlayani dan semuanya bisa sehat. Maka saya minta, semua tempat keramaian dijaga ketat," terangnya.

5. Penting untuk memproteksi diri agar semua aman

Seperti Ini Skenario Penerapan New Normal Corona di Jawa TengahSejumlah remaja melakukan pawai obor dengan mengenakan masker di Jalan Kartini, Kota Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (23/5/2020). Pawai obor tersebut dalam rangka menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1441 H. (ANTARA FOTO/Paramayuda)

Meski tidak mudah, namun Ganjar meminta agar cara hidup normal baru itu harus dimulai saat ini. Semua harus berlatih untuk menjalani kehidupan baru itu.

"Saya ingin semua berlatih untuk mengikuti kebiasaan baru, keluar rumah pakai masker atau face shield, kacamata lebih bagus. Jaga jarak dan rajin cuci tangan. Cara ini penting untuk memproteksi diri, saudara dan teman agar semuanaya bisa aman," tutupnya.

Baca Juga: Isi Lengkap Aturan New Normal di Tempat Kerja Menurut Kemenkes

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya