Tiga Pelajar Pelaku Bullying Siswi SMP di Purworejo Tersangka!

Tak terima karena dilaporkan ke guru

Purworejo, IDN Times - Viral di media sosial video tiga pelajar melakukan aksi kekerasan terhadap seorang siswi SMP di Purworejo. Aksi perundungan atau bullying terhadap seorang siswi di sebuah SMP Kabupaten Purworejo ini berbuntut panjang. Polisi turun tangan untuk menyelidiki aksi tak terpuji tersebut.

Baca Juga: Viral Aksi Kekerasan 3 Siswa SMP kepada Seorang Siswi di Purworejo

1. Sebanyak tiga orang pelajar pelaku bullying ditetapkan sebagai tersangka

Tiga Pelajar Pelaku Bullying Siswi SMP di Purworejo Tersangka!myonlineschooling.co.uk

Pasca viralnya video perundungan tersebut, Polres Purworejo turun tangan melakukan penyelidikan. Hasilnya tiga pelajar pelaku aksi kekerasan telah ditetapkan sebagai tersangka.

"Tiga pelaku sudah ditetapkan sebagai tersangka hari ini," kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Iskandar F.Sutisna, Kamis (13/2). 

2. Pelaku dijerat pasal perlindungan anak

Tiga Pelajar Pelaku Bullying Siswi SMP di Purworejo Tersangka!Ilustrasi bullying. Pexels-photo

Iskandar menyebutkan tiga orang pelaku yang melakukan perundungan tersebut dijerat dengan Undang-undang Nomor 23 tahun 2007 tentang perlindungan anak. Tiga siswa tersebut dikabarkan merupakan pindahan dari sekolah lain karena di sekolah lama bermasalah.

Sebuah video aksi perundungan tiga siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Purworejo, Jawa Tengah beredar dan menjadi viral di sosial media. Mereka melakukan bullying kepada seorang siswa perempuan yang diduga dilakukan di sebuah kelas di lingkungan sekolah.

Tak hanya melakukan aksi perundungan, ketiga siswa laki-laki dalam video berdurasi 29 detik itu juga tampak melakukan aksi kekerasan. Mereka memukul kepala dan menendangi siswa perempuan yang tengah duduk menulis di sebuah meja.

Selama aksi berlangsung, siswi tersebut terlihat ketakutan dan tak kuasa menahan rasa tangis. Ia juga menunduk menahan rasa sakit.

3. Korban dianiaya karena lapor ke guru

Tiga Pelajar Pelaku Bullying Siswi SMP di Purworejo Tersangka!Ilustrasi bullying. pixabay.com/users/geralt-9301/

Dari keterangan pelaku yang diperiksa oleh polisi, peristiwa itu diduga dilatarbelakangi rasa sakit hati ketiganya yang dilaporkan oleh korban kepada gurunya.

Korban mengadu kepada gurunya karena sempat dimintai uang oleh para pelaku seperti diwartakan oleh Antara.

4. Ganjar langsung kontak Bupati Purworejo

Tiga Pelajar Pelaku Bullying Siswi SMP di Purworejo Tersangka!Dok. Humas Pemprov Jawa Tengah

Kabar aksi itu sampai di Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Melalui akun Twitternya, ia pun sempat menanyakan soal kebenaran video tersebut.

Lebih lanjut, Ganjar menyatakan bahwa kasus tersebut sudah ditangani oleh kepala sekolah yang bersangkutan, penegak hukum setempat, serta organisasi induk sekolah itu.

"Akun saya dibanjiri kejadian di salah satu smp di Purworejo. Saya sudah telpon kaseknya dan dia sudah urus. Polisi juga sudah menerima laporannya. Besok saya minta pengawas sekolah dan dinas untuk turun agar bicara dengan orangtua anak-anak itu. Pak Bupati Purworejo juga sudah saya kontak," jelas Ganjar melansir akun sosial medianya, Kamis (13/2).

Baca Juga: Aksi Kekerasan Siswa SMP di Purworejo, Polisi Turun Tangan ke Sekolah

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya