Tiga Ribu Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara di Kudus

Kota Kudus tempat lahirnya para atlet nasional

Laporan Oetoro Aji

Kudus, IDN Times - Sebanyak tiga ribu pesepeda di Kudus dan sekitarnya mengikuti Gowes Nusantara yang diselenggarakan Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) di Balai Jagong Kabupaten Kudus, Minggu (22/9/2019).

Kegiatan Gowes Nusantara itu menjadi salah satu sarana promosi untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kota Kudus.

Para pesepeda itu mengelilingi Kota Kudus yang juga dikenal sebagai Kota Kretek ini. Mereka bersepeda sejauh 15 kilo meter dimulai dari Balai Jagong Kudus dan finish kembali di Balai Jagong Kudus. Acara itu dibuka langsung oleh Plt Bupati Kudus HM Hartopo dan Asdep Olahraga Rekreasi Kemenpora Edi Nurhindah.

Baca Juga: Ini Kata Mereka yang Mengikuti Kudus Relay Maraton 2019

1. Gowes nusantara diikuti tiga ribu peserta dari Kudus dan luar Kota Kudus

Tiga Ribu Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara di Kudus

Asdep Olahraga Rekreasi Kemenpora Edi Nurhindah menjelaskan, bahwa kegiatan gowes nusantara ini diikuti sebanyak tiga ribu peserta. Mereka berasal dari Kudus hingga luar Kudus. Untuk rute gowes ini, kata dia karena bersifat fun, maka rutenya sejauh 15 kilmeter.

“Sehingga masyarakat yang dari luar Kudus ini tahu. Bahwa banyak wisata yang ada di Kudus. Banyak destinasi wisata, mereka juga melewati beberapa objek wisata yang ada di Kudus,” kata dia.

2. Kota Kudus dikenal sebagai gudang lahirnya para atlet nasional bulu tangkis Indonesia

Tiga Ribu Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara di Kudus

Menurutnya ada alasan tertentu kegiatan Gowes Nusantara dilaksanakan di Kudus.

Pertama, kata dia Kudus merupakan kota dengan segudang tlet nasional. Seperti, diketahui Kudus dikenal lahirnya altet-atlet bulutangkis kelas dunia.

“Makanya kami melaksanakan disini. Kami menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Kudus,” ungkapnya.

Oleh karena itu, ke depan pemerintah selalu memberikan dukungan dan pengembangan potensi olahraga yang ada di Kudus. Selain itu, melalui kegiatan ini juga pihaknya mendorong partisipasi masyarakat untuk giat berolahraga.

“Dengan demikian masyarakat ini hidup sehat,” lanjutnya.

3. Plt Bupati berharap olahraga di Kudus terus bergeliat dan menorehkan prestasi

Tiga Ribu Pesepeda Ikuti Gowes Nusantara di Kuduspexels.com/rawpixel.com

Ke depan, ia selalu untuk melakukan pembinaan dan pengembangan olahraga. Yakni secara kontineu dan berkesinambungan.

“Baik ditingkat kabupaten/kota, provinsi, hingga nasional. Sehingga lahir bibit-bibit atlet ditingkat nasional,” ujarnya.

Plt Bupati Kudus HM Hartopo menyambut baik kegiatan Gowes Nusantara. Ia berharap agar semua olahraga yang ada di Kudus aktif. “Jangan sampai ada olahraga di Kudus ini yang tidur. Itu harapan kami,” katanya.

Ditambahakan dia, melalui kegiatan ini tentunya dapat memperkenalkan destinasi wisata yang ada di Kudus. Apalagi, kedepan dapat meningkatkan roda perekonomian yang ada di Kudus.

Baca Juga: SMK PGRI Kudus Miliki Jurusan Beauty and Spa, Standar Internasional

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya