Aktivitas Vulkanis Gunung Dieng Tinggi Kawah Sileri Steril Radius 1 Km

Waspada gas beracun CO2 dari Dieng. Cek rekomendasi PVMBG!

Semarang, IDN Times - Gunung Api Dieng terletak di tiga kabupaten di Jawa Tengah yang berbeda. Yakni Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Wonosobo dan Kabupaten Batang. Ketinggian gunung tersebut mencapai 2.565 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Namun sejak Jumat (13/1/2023), gunung tersebut telah naik statusnya dari Siaga (Level III) menjadi Waspada (Level II) karena adanya peningkatan aktivitas vulkanis dan tektonik gunung tersebut. Yuk, simak aktivitasnya selama 90 hari terakhir dan sejumlah rekomendasi dari otoritas resmi berikut ini.

1. Intensitas tektonik lokal Gunung Dieng tinggi

Melansir laman resmi Magma Kementerian ESDM, pada pengamatan Rabu (18/1/2023) Pagi pukul 06.00 WIB oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG),  gunung api Dieng terlihat jelas hingga tertutup kabut.

Meski demikian, terdapat asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis hingga tebal tinggi sekitar 20--60 meter dari puncak gunung.

Adapun, untuk cuaca terlihat cerah hingga hujan, dengan arah angin melemah ke arah Utara gunung tersebut.

2. Selama sehari terakhir ada 48 kali gempa tektonik

Aktivitas Vulkanis Gunung Dieng Tinggi Kawah Sileri Steril Radius 1 KmPetani beraktivitas di sekitar kawah Sileri di dataran tinggi Dieng Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

PVMBG ikut mencatat aktivitas selama 24 jam pada Selasa (17/1/2023), sebagai berikut:

  • Terjadi 48 kali gempa Tektonik Lokal dengan amplitudo 4,3--42,7 mm, S-P 0,47--2,1 detik, dan lama gempa 4,52--17,35 detik
  • Terjadi 3 kali gempa Terasa, skala II MMI dengan amplitudo 42,7 mm, S-P 0,7-8,24 detik, dan lama gempa 28,47--39,64 detik
  • Terjadi 1 kali gempa Tektonik Jauh dengan amplitudo 32 mm, S-P 11,7 detik, dan lama gempa 117,3 detik.

S-P merupakan selisih waktu antara gelombang primer dan gelombang sekunder.

3. Warga dan wisatawan harus mewaspadai CO2

Aktivitas Vulkanis Gunung Dieng Tinggi Kawah Sileri Steril Radius 1 KmWisatawan berada di wisata alam kawah SIkidang kawasan dataran tinggi Dieng Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (18/1/2023). (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Masih tingginya akivitas kegempaan Gunung Dieng, membuat PVMBG mengeluarkan beberapa rekomendasi, sebagai berikut:

  1. Masyarakat dan wisatawan tidak mendekati Kawah Sileri pada jarak satu kilometer dari bibir kawah
  2. Masyarakat tidak mendekati kawasan sektor Barat Daya, Selatan, dan Tenggara Kawah Timbang dalam jarak 500 meter agar terhindar dari aliran gas CO2 yang sangat berbahaya bagi kehidupan dan agar waspada jika melakukan penggalian tanah di sekitar Kawah Timbang karena dapat berpotensi terpapar gas CO2 yang berbahaya bagi kehidupan manusia.
  3. Masyarakat dan wisatawan agar tidak memasuki kawah-kawah di Komplek Dieng yang dapat berpotensi terjadi erupsi freatik berupa semburan lumpur atau lontaran material, dan di kawah-kawah dengan konsentrasi gas vulkanik yang tinggi dan berbahaya bagi kehidupan
  4. Pemerintah Daerah, BPBD Provinsi dan Kabupaten agar senantiasa berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Dieng di Desa Karang Tengah, Kecamatan
    Batur, Kabupaten Banjarnegara dengan nomor telepon (085326951587) atau PVMBG.

Baca Juga: 11 Rekomendasi Tempat Wisata di Dieng, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya