Antisipasi Kekeringan, 11 Embung Baru akan Dibangun di Jateng

Pembuatan satu embung mencapai tiga miliar

Semarang, IDN Times - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan membangun 11 embung baru. Hal itu dilakukan untuk mengatasi kekeringan yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Tengah.

Dari data Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah, sepanjang tahun 2018 telah dibangun 81 embung baru. Untuk tahun 2019 sebanyak 11 embung. Total terdapat 92 embung baru untuk pengerjaan selama dua tahun.

1. Dibangun di enam kabupaten

Antisipasi Kekeringan, 11 Embung Baru akan Dibangun di JatengANTARA FOTO/Syifa Yulinnas

Sebanyak 11 embung baru akan dibangun di enam kabupaten. Di antaranya di Kabupaten Demak, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Pati, Kabupaten Kendal, Kabupaten Purbalingga, dan Kabupaten Tegal.

"Lahan untuk 11 embun itu sudah siap semua. Proses pengerjaannya untuk 2019 masih proses lelang di Biro APBJ (red: Administrasi Pengadaan Barang Jasa). Kemungkinan Agustus 2019 sudah penandatanganan kontrak," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sumber Daya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jateng, Eko Yunanto kepada IDN Times, Kamis (18/7).

Baca Juga: Kekeringan Meluas, Empat Daerah di Jateng Minta Bantuan Dana Talangan

2. Untuk kebutuhan air bersih

Antisipasi Kekeringan, 11 Embung Baru akan Dibangun di JatengANTARA FOTO/Dedhez Anggara

Embung baru tersebut akan difungsikan sebagai tempat menampung air hujan agar bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan air bersih. Selain itu juga untuk kebutuhan air baku.

Pembangunan 11 embung baru ditargetkan akan selesai pada tahun 2019 ini. Sementara untuk sejumlah fasilitas pendukung embung, akan diprogramkan pada tahun anggaran berikutnya.

"Lahan (untuk embung baru) sudah siap. Dokumen perencanaan yang sudah siap dan proses lelangnya selesai, maka siap untuk dibangun (embung baru)," ujar Eko.

3. Spesifikasi embung baru

Antisipasi Kekeringan, 11 Embung Baru akan Dibangun di JatengANTARA FOTO/Siswowidodo

Satu buah embung memerlukan lahan seluas satu hektare. Untuk biayanya satu embung mencapai Rp2,5 miliar hingga Rp3 miliar, bergantung pada kondisi embung yang akan dibangun. Anggaran tersebut diambilkan dari APBD Provinsi Jawa Tengah.

Sementara itu, untuk luasan tampung embung baru bervariasi. Mulai dari 4 ribu meter kubik sampai dengan 10 meter kubik.

Secara kumulatif, sudah terdapat 1.190 embung dengan kategori yang berbeda-beda, yang telah dibangun Pemprov Jateng, hingga Juni 2019.

Baca Juga: Atasi Kekeringan, Pembangunan Enam Waduk Dikebut

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Paulus Risang

Just For You