Cak Imin: Menteri Sudah Pernah, Sudah Cukuplah Saya

Ia pengin menjadi Ketua MPR

Semarang, IDN Times - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengaku lebih tertarik menjabat ketua MPR RI ketimbang menjadi menteri pada kabinet pemerintahan Joko Widodo-K.H. Ma'ruf Amin mendatang. 

Cak Imin yang pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi periode 2009–2014 atau era kepemimpinan Presiden Soesilo Bambang Yudhoyono mengaku, cukup satu kali saja menjadi menteri. 

Baca Juga: Cak Imin Tak Masalah Oposisi Gabung Asal Jatah PKB Tak Berkurang

1. Pengin di legislatif

Cak Imin: Menteri Sudah Pernah, Sudah Cukuplah SayaANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Meskipun sudah bertemu dengan Presiden Joko Widodo, Cak Imin menyatakan belum ada pembahasan lebih lanjut terkait siapa saja nama calon menteri yang akan direkomendasikan.

"Saya terus terang ingin (red: menjadi Ketua) di MPR. Menteri sudah pernah dan sudah cukuplah saya mengabdi di eksekutif. Gantian saya di legislatif," kata Cak Imin saat menghadiri acara Sosialisasi Muktamar PKB di Semarang, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Rabu (10/7).

2. Ada dua nama yang disodorkan PKB

Cak Imin: Menteri Sudah Pernah, Sudah Cukuplah SayaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

PKB memastikan akan mengusung dua sumber kader yang akan menjadi menteri. Dua orang tersebut merupakan kader asli PKB dan nonkader, namun yang memiliki kapasitas serta dibutuhkan oleh bangsa dan negara.

Meskipun nama-nama yang akan menduduki kursi menteri menjadi hak prerogatif presiden, PKB hanya sebatas mengusulkan.

"Nanti pada saatnya pasti kita umumkan, sekarang masih kita inventarisasi, baik kader maupun non kader," ungkap Cak Imin.

3. Pengurus Jawa Tengah dukung Cak Imin lagi

Cak Imin: Menteri Sudah Pernah, Sudah Cukuplah SayaIDN Times/Denisa Tristianty

Pada acara Sosialisasi Muktamar PKB tersebut, DPW PKB Jawa Tengah dan DPC PKB di 35 kabupaten/kota akan kembali mengusung Muhaimin Iskandar menjadi Ketua Umum PKB.

Sosok Cak Imin dinilai telah terbukti bisa membangun sinergi yang sangat baik di semua tingkatan kepengurusan PKB.

"Ini demi menjaga kekompakan yang sudah terbukti dalam Pemilu 2019 dan melanjutkan kemenangan pada pemilu yang akan datang," terang Ketua DPW PKB Jawa Tengah, Yusuf Chudlori.

4. Hasil pemilu 2019 PKB menang di empat daerah di Jawa Tengah

Cak Imin: Menteri Sudah Pernah, Sudah Cukuplah SayaIDN Times/Istimewa

Dari hasil Pemilu 2019, PKB mendapatkan suara dan kursi yang cukup signifikan di Jawa Tengah. Perolehan kursi di DPRD kabupaten/kota mencapai 243 kursi. Bahkan di empat daerah, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Tegal, Kabupaten Batang, dan Kabupaten Kendal, PKB berhasil menjadi pemenang Pemilu 2019.

Baca Juga: Maju Memperebutkan Kursi MPR 1, Berikut Profil Cak Imin

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya