5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!

Awas, jangan sampai kalap nanti bisa khilaf

Hari Lebaran menjadi momen yang dinantikan oleh seluruh umat Islam di seluruh penjuru dunia, setelah menunaikan ibadah puasa Ramadan selama sebulan penuh. Di hari yang penuh berkah itu, setiap Muslim merayakan hari kemenangan dan diharapkan bisa menjadi manusia yang lebih baik lagi setelahnya.

Biasanya saat Lebaran, sebagian besar umat Islam Indonesia akan melakukan tradisi pulang kampung halaman atau mudik. Selain tradisi pulang kampung, saat Idul Fitri, tradisi yang tak pernah terlewatkan adalah silaturahmi dengan keluarga dan tetangga. Silaturahmi terasa hangat sambil menyantap sajian aneka hidangan. Mulai dari kue kering hingga makanan besar seperti opor ayam, ketupat, rendang dan lain sebagainya.

Tanpa disadari, hal itu akan menyerap biaya yang terbilang cukup banyak. Supaya kamu bisa mengelola uang dengan baik, simak 5 tips praktis yang bisa kamu gunakan untuk mengelola keuangan sebelum hari Lebaran tiba, biar gak boncos. Cekidot!

1. Tentukan anggaran untuk Lebaran

5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!Ilustrasi idul fitri. (pexels.com/Thirdman)

Sebelum datang waktunya, silakan kamu rinci, apa saja kebutuhan untuk Lebaran? Misalnya, budget pulang kampung itu meliputi tiket pulang-pergi, biaya membeli bahan baku untuk menu Lebaran, membeli baju anak, menyisihkan angpau untuk keluarga, dan lain sebagainya. Makin detail, makin baik.

Anggaran itu akan membantu kamu supaya tidak over budget atau bikin keuanganmu menipis setelah Idul Fitri.

2. Pisahkan THR dan gaji

5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!stockvault.net

Salah satu hal yang paling membahagiakan saat bulan puasa Ramadan adalah menerima Tunjangan Hari Raya (THR). Pastikan kamu tidak terlalu kalap saat melihat nominal di rekening bank membuncit karena masuknya dua sumber dana keuangan.

Untuk gaji, kamu tetap harus alokasikan ke kebutuhan bulanan dan pengeluaran rutin setiap bulan. Nah, THR inilah yang akan kamu gunakan untuk keperluan menjelang hari raya Idul Fitri.

Baca Juga: 5 Fakta Penting soal Dana Darurat untuk Keuangan Kamu, Wajib Tahu!

3. Alokasikan untuk dana darurat

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!pixabay.com/Ekoanug

Memang sih Lebaran itu hanya singkat, tapi bukan berarti dana darurat tidak perlu disiapkan, lho.

Kamu harus tetap menyediakan dana darurat dalam bentuk cash untuk menghindari terjadinya sesuatu yang tidak terduga pas momen Idul Fitri.

4. Berbelanja sesuai kebutuhan saja

5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!Pengunjung menenteng tas belanja saat mengunjungi Mall Grand Indonesia, Jakarta, Rabu (1/7/2020) (ANTARA FOTO/ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Momen Idul Fitri sering kali menjadi menjadi momen kalap berbelanja bagi sebagian orang. Mereka berpikir, karena hanya akan terjadi setahun sekali, jadi tak masalah membeli semua barang walaupun tidak terlalu penting.

Cara terbaik untuk menghindarinya adalah cek kembali anggaran yang sudah kamu susun, apakah kebutuhan yang dicatat itu memang dibutuhkan atau masih bisa dikesampingkan.

5. Jangan ragu belajar keuangan

5 Cara Mengatur Keuangan Menjelang Hari Lebaran, Biar Gak Boncos!unsplash.com/Scott Graham

Mengapa harus belajar keuangan? Jadi begini, mumpung nih ya masih suasana sebelum Lebaran, tidak ada salahnya kamu belajar keuangan supaya terhindar dari pengelolaan keuangan yang salah.

Misalnya over budget dan tidak membuat kamu kesulitan setelah hari Lebaran. Nah, untuk bisa mengatur keuangan dengan baik kamu perlu ilmu tentunya. Kamu bisa mendapatkan ilmu belajar keuangan, salah satunya di Ternak Uang Academy. Di situ, kamu akan diajari mengatur keuangan dari nol hingga bisa dengan bantuan profesional.

Nah, itu tadi 5 cara mengatur keuangan menjelang hari Lebaran tiba. Semuanya bisa kamu atur dan persiapkan sejak dini biar gak menyesal kemudian. Goodluck, ya.

Baca Juga: 2 Cara Penukaran Uang Tunai Baru di Jateng Sesuai Aturan BI, Buruan!

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya