Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!

Sebisa mungkin kamu isi BBM full sebelum mudik, ya

Batang, IDN Times - Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan memprediksi, sebanyak 123,8 juta akan bergerak mudik saat Lebaran 2023 atau Hari Raya Idulfitri 1444 Hijriah (H). Dari jumlah itu, sebanyak 22,7 persen atau sekitar 27,32 juta orang akan mudik menggunakan menggunakan jalur darat memakai kendaraan pribadi roda empat.

Berdasarkan prediksi tersebut, peningkatan arus mudik akan mulai terjadi sejak tiga hari menjelang Lebaran--tepatnya pada Rabu (19/4/2023)--dan akan mencapai puncaknya pada Jumat (21/4/2023). Sedangkan untuk arus balik, lalu lintas akan memadat mulai dua hari setelah Lebaran, yakni pada Selasa (25/4/2023) hingga Rabu (26/4/2023).

1. Segmentasi transportasi darat krusial

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra (IDN Times/Dhana Kencana)

PT Pertamina (Persero) memperkirakan, sebanyak 12,99 juta orang dengan jumlah kendaraan mencapai 1,3 juta unit akan melakukan perjalanan mudik masuk ke Jawa Tengah saat Lebaran 2023.

Direktur Pemasaran Regional Pertamina Patra Niaga, Mars Ega Legowo Putra mengatakan, pihaknya memberikan sejumlah atensi terhadap beberapa segmentasi saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023. Yakni mulai dari segmentasi transportasi darat, transportasi laut, transportasi udara, sarana dan prasarana, serta sumber daya manusia (SDM).

“Segmentasi transportasi darat (baik di jalan tol maupun nontol) menjadi salah satu yang krusial karena mobilisasi masyarakat tinggi. Kami berkoordinasi dengan beberapa pihak karena melihat adanya potensi dan prediksi bahwa setelah puncak arus mudik, (mobilisasi) akan datar dan tidak langsung turun karena jumlah (porsi hari) libur lebih panjang. Hal itu memengaruhi demand (BBM) sehingga masih tetap tinggi.” katanya di sela-sela pemantauan SPBU dan layanan tambahan untuk pengisian BBM di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang, bersama bersama Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Kamis (6/4/2023).

2. Memastikan kesiapan layanan Pertamina

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Pemantauan SPBU dan layanan tambahan untuk pengisian BBM di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang (IDN Times/Dhana Kencana)

Ega menyebutkan, pemantauan dilakukan untuk meninjau SPBU-SPBU yang ada di ruas jalan tol Trans Jawa.

Mereka menyusur mulai dari Barat menuju Timur. Yakni di rest area Cikarang, Cikopo, Cipali, dan berakhir di Batang-Semarang.

Ia menjelaskan, pemantauan dilakukan untuk memastikan kesiapan Pertamina. Antara lain kesiapan dari sisi sarana prasarana dan stok BBM di beberapa SPBU yang dilintasi oleh para pemudik, baik menjelang (arus mudik), saat, maupun setelah Lebaran (arus balik).

3. Sembilan SPBU siap digunakan pemudik

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Ihwal kesiapan layanan SPBU di ruas tol yang ada di wilayah Pantai Utara (Pantura) Jawa Tengah, Ega merinci, terdapat penambahan titik layanan dari tahun lalu yang hanya 7 SPBU, kini menjadi 9 SPBU pada tahun 2023.

SPBU-SPBU tersebut tersebar mulai dari KM 252 sampai KM 519, dengan rician sebagai berikut.

  • Empat SPBU ada di ruas tol A (arah Jakarta ke Surabaya), yakni KM 338, KM 379, KM 429, dan KM 519
  • Lima SPBU lainnya di ruas tol B (arah Surabaya ke Jakarta), yakni KM 519, KM 389, KM 360, KM 282, dan KM 260.

“Untuk beberapa rest area yang tidak ada SPBU, kami menyiapkan layanan pengisian tambahan berupa 12 unit Pertashop dan 1 unit SPBU modular. Lima di antaranya terdapat di ruas tol A, yaitu KM 252, KM 275, KM 391, KM 456, KM 487, KM 519 dan KM 538. Sementara empat titik lainnya di ruas tol B tepatnya di KM 538, KM 519, KM 487, KM 456 dan KM 294,” ujarnya. 

Baca Juga: 4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi Favorit

4. Pertamina siapkan motoris dan mobil siaga

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji (kiri) berdialog dengan masyarakat yang mengisi bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Untuk menghindari kepadatan di rest area, Ega mengimbau kepada para pemudik dapat mengisi BBM di titik awal keberangkatan, dengan mengisi penuh tanki agar performa kendaraan yang maksimal. 

Pihaknya ikut menyiagakan motoris Pertamina jika suatu waktu dibutuhkan untuk melayani pengisian BBM di dalam ruas jalan tol dan jalur padat kendaraan apabila terjadi antrean panjang.

Selain itu, juga disiagakan empat Mobil Siaga yang membawa BBM kemasan di empat titik ruas jalan tol di Jawa Tengah. Situasi tersebut untuk mengantisipasi jika pemudik kehabisan BBM di tengah jalan tol. Yaitu di gerbang keluar (exit) tol Tegal, gerbang keluar tol Weleri, SPBU rest area KM 429, dan SPBU dekat gerbang masuk tol KM 493. 

“Apabila dibutuhkan, motoris Pertamina yang sehari-hari bertugas dalam layanan Pertamina Delivery Service (PDS) akan dikerahkan untuk memecah antrean saat pengisian BBM di setiap SPBU yang ada di ruas tol. Secara keseluruhan, kami telah menambah jumlah fasilitas tambahan pengisian BBM untuk mengimbangi peningkatan mobilisasi kendaraan pada arus mudik Lebaran 2023 yang diprediksi meningkat sebanyak 12,99 juta orang akan mudik dengan tujuan ke Jawa Tengah” ujar Ega.

5. Sebanyak 50 SPBU Kantong siap pasok BBM

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Aktivitas pengisian bahan bakar minyak (BBM) di SPBU Pertamina di rest area KM 379A ruas jalan tol Batang-Semarang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Pejabat sementara (Pjs.) Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT), Marthia Mulia Asri mengungkapkan, selain layanan pengisian BBM, Pertamina akan menyiapkan stok tambahan dalam mobil tanki yang terisi penuh.

Mobil yang disebut dengan istilah SPBU Kantong itu ditempatkan di beberapa titik SPBU yang berpotensi mengalami lonjakan kebutuhan.

“Sebanyak 50 mobil tanki disiapkan di 50 SPBU, baik yang ada di dalam ruas tol Trans Jawa maupun di luar jalan tol. Utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Untuk SDM di Satuan Tugas (satgas) BBM dan LPG Ramadan dan Idulfitri, sudah aktif mulai 1 April 2023 hingga 2 Mei 2023,” akunya dilansir keterangan resmi.

6. Fokus pada keselamatan dan keamanan SDM

Daftar Lokasi SPBU Pertamina di Tol Trans Jawa Jateng, Mudik Tenang!Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji (IDN Times/Dhana Kencana)

Di kesempatan yang sama, Dirjen Migas Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menyatakan, Pertamina telah siap baik dari sisi perencanaan, infrastruktur dan SDM, serta kerja sama dengan instansi terkait, untuk penyiapan layanan BBM kepada masyarakat saat arus mudik dan arus balik Lebaran 2023.

“Pertamina cukup siap, tadi sudah melihat persiapannya. Untuk pelaksanaannya, tidak lupa harus mengutamakan faktor keselamatan (safety). Oleh karena itu, perlu lagi ditekankan soal safety drill (latihan keselamatan) bagi para SDM saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” ucapnya.

Baca Juga: 634.615 Mobil Lewati Tol Batang-Semarang saat Puncak Mudik 19 April

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya