Derek Container Crane Roboh Ditabrak Kapal, Kerugian Capai Rp60 Miliar

Pelayanan sudah normal meskipun sejumlah sarana rusak

Semarang, IDN Times - Kerugian akibat peristiwa tabrakan kapal kontainer MV. Soul of Luck yang mengakibatkan derek kontainer roboh mencapai Rp60 miliar.

Kerugian tersebut termasuk kerugian tertundanya waktu pengiriman hingga rusaknya sejumlah sarana di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas, Minggu, 14 Juli alu. 

Baca Juga: Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung Emas

1. Daftar kerugian akibat tabrakan

Derek Container Crane Roboh Ditabrak Kapal, Kerugian Capai Rp60 MiliarANTARA FOTO/Aji Styawan

Angka tersebut merupakan kerugian secara keseluruhan, termasuk diantaranya tidak beroperasinya layanan TPKS selama tiga jam pasca peristiwa. Kondisi tersebut berpengaruh pada kecepatan bongkar muat 5-10 persen dari kondisi normal.

"Kapal itu membabat enam fender dan terjadi scratch di dermaga yang harus diperbaiki. Kami fokus pada pemulihan operasi secara cepat agar pelayanan bisa berjalan normal kembali," kata Direktur Utama Pelindo III Doso Agung saat konferensi pers di Kantor Pelindo III Cabang Tanjung Emas, Semarang, Senin (15/7).

Sejumlah sarana juga mengalami kerusakan. Selain derek kontainer, terdapat tiga head truck terminal, 14 kontainer, 1 bolder pengikat kapal di dermaga, enam fender atau perkapalan.

2. Murni kecelakaan tidak ada kelalaian

Derek Container Crane Roboh Ditabrak Kapal, Kerugian Capai Rp60 MiliarIDN Times/Dhana Kencana

Pihak Pelindo dalam dua minggu ini akan memindahkan derek kontainer domestik untuk menggantikan derek kontainer yang rusak. Meskipun saat ini bongkahan derek yang rusak masih di lokasi kejadian, menunggu proses klaim asuransi. Di TPKS sendiri terdapat tujuh derek kontainer.

Sementara itu, berdasarkan penyelidikan serta investigasi yang dilakukan oleh PT Pelindo III, kejadian kecelakaan tersebut murni akibat kerusakan mesin pada kapal.

"Fakta data dari intenal tidak ada unsur kesengajaan dan kelalaian. Pelindo selalu melakukan evaluasi dan pembaruan sistem SOP (Standar Operasional Prosedur) dan sistem safety-nya," urai Doso.

3. Kapal langsung beraktivitas normal

Derek Container Crane Roboh Ditabrak Kapal, Kerugian Capai Rp60 MiliarIDN Times/Dhana Kencana

Kapal MV. Soul of Luck saat ini masih berada di dermaga TPKS. Sedianya kapal akan menuju ke Surabaya, kapal saat itu tengah bongkar muat kontainer. Pihak agen kapal, PT Layar Sentosa akan melakukan pengecekan mesin.

"Tidak ada unsur kesengajaan atau kelalaian. Kami tidak menginginkan itu terjadi," ujar Kepala Cabang PT Layar Sentosa, Hari Ratmoko.

4. Penyelidikan KNKT tetap dilakukan

Derek Container Crane Roboh Ditabrak Kapal, Kerugian Capai Rp60 MiliarIDN Times/Dhana Kencana

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) langsung datang ke lokasi hari ini di dermaga TPKS. Mereka akan mengambil data-data terkait dengan kejadian tersebut.

"KNKT hadir untuk meneliti faktor kecelakaan, kemudian dievaluasi dan diperbaiki dikemudian hari. Seluruh mesin akan diperiksa," jelas Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid.

Kejadian yang terjadi pada hari Minggu (14/7) sekitar pukul 15.10 WIB, mengakibatkan satu pekerja luka ringan, yaitu Heri Setiawan. Saat kejadian, ia tengah bekerja mengoperasikan truk head terminal.

Baca Juga: Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas Semarang

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya