Dikejar Tawon Vespa, 4 Bocah di Sukoharjo Disengat Hingga Memar

Usai kejadian langsung dilakukan OTT

Sukoharjo, IDN Times - Empat anak di Sukoharjo, Jawa Tengah disengat tawon ndas atau Vespa Affinities. Mereka langsung mengalami memar di beberapa bagian tubuh.

Baca Juga: Resah Tawon Vespa di Jateng, Ganjar Ajak Ahli Serangga Usir Tawon Ndas

1. Disengat saat bermain bersama

Dikejar Tawon Vespa, 4 Bocah di Sukoharjo Disengat Hingga MemarPetugas pemadam kebakaran setempat, Minggu (24/11) siang memusnahkan sarang tawon endhas. IDN Times/Haikal Adithya

Kejadian tersebut terjadi pada Jumat (29/11) di Dukuh Ngemplak, Desa Gadingan, Mojolaban, Sukoharjo. Keempat bocah yang diserang tawon masing-masing adalah Raffa (8), Ohio (6), Rehan (7), dan Riki (7).

Peristiwa tersebut berawal dari keempatnya yeng sedang bermain di sekitar jembatan rel kereta api dukuh setempat. Saat bermain, tiba-tiba mereka langsung diserang hingga kemudian disengat.

2. Berawal dari melempari sarang tawon

Dikejar Tawon Vespa, 4 Bocah di Sukoharjo Disengat Hingga MemarProses evakuasi tawon ndas di Kecamatan Karang Pilang oleh Pemerintah Kota Surabaya, Senin (2/12). Dok. Dinas Damkar Surabaya

Para tawon menyengat mereka lantaran satu dari empat anak tersebut yang melempar sarang tawon ndas, di dekat lokasi bermain.

“Empat anak yang diserang tawon kemudian lari, bahkan salah satu anak, yakni Raffa sempat terjatuh saat melarikan diri hingga luka dibagian wajah akibat benturan,” ujar Kapolsek Mojolaban, AKP Priyono.

3. Pemadam Kebakaran setempat menggelar OTT

Dikejar Tawon Vespa, 4 Bocah di Sukoharjo Disengat Hingga MemarSarang tawon ndas di Surabaya. Dok. IDN Times/Istimewa

Setelah serangan itu, warga berinisiatif melaporkan kasus penyengatan ke Pemadam Kebakaran agar mengevakuasi sarang tawon. Laporan tersebut langsung ditindak lanjuti dengan mengadakan Operasi Tangkap Tawon (OTT).

"Tawon yang menyerang adalah jenis ndas, karena sarangnya berbentuk bulat. Tawon itu juga mengincar bagian kepala saat menyengat," jelas Kepala Bidang (Kabid) Pemadam Kebakaran Satpol PP Sukoharjo, Margono melansir laman resmi Polda Jateng, Rabu (4/12).

Baca Juga: 19 Warga Jawa Tengah Meninggal Dunia Disengat Tawon Vespa Affinis

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya