Ganjar Pranowo Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa Tengah

Meminta seluruh masyarakat menjaga kondusifitas

Karanganyar, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat Papua yang ada di Jawa Tengah.

Ia juga meminta seluruh masyarakat Jawa Tengah untuk saling bersatu untuk menjaga keamanan dan kondusifitas.

Baca Juga: Polri Deteksi 5 Akun Medsos yang Diduga Memprovokasi Massa di Papua

1. Berharap tidak dikembangkan lagi

Ganjar Pranowo Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa Tengahhumas.jatengprov.go.id

Hal itu disampaikan menanggapi kericuhan yang melibatkan mahasiswa Papua di beberapa daerah, pada Senin (19/8). Ganjar berharap apa yang terjadi tidak dikembangkan lagi.

"Saya minta semua harus menahan diri. Sudah, ayo saling memaafkan. Jangan dikembangkan lagi," kata Ganjar di Karanganyar, sebagaimana dikutip IDN Times dari laman resmi Pemprov Jateng, Selasa (20/8).

2. Menjamin keamanan warga Papua di Jateng

Ganjar Pranowo Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa TengahANTARA FOTO/Gusti Tanati

Ganjar menambahkan bahwa ia sudah menelpon Gubernur Papua, Lukas Enembe, tokoh agama Papua dan mahasiswa Papua di Jawa Tengah. Ganjar meminta warga Papua tetap tenang dan dirinya menjamin keamanan mereka.

"Tenang, saya jamin keamanan saudara dari Papua yang ada di sini (Jawa Tengah). Banyak saudara kita dari Papua ini sedang sekolah, mari kita jaga agar belajarnya tidak terganggu dengan urusan ini," imbuhnya.

3. Memahami bahwa di Indonesia kulturnya berbeda-beda

Ganjar Pranowo Jamin Keamanan Warga Papua di Jawa TengahANTARA FOTO/Gusti Tanati

Lebih lanjut ia meminta kepada semua warga untuk tidak menyebarkan melalui media sosial  hal-hal yang justru bisa menyulut kericuhan. Sebab kasus tersebut menjadi pembelajaran bagi semua.

"Semua harus menahan diri. Mari menjaga diri, saling memaafkan. Kita harus sadar bahwa Indonesia punya kultur yang berbeda-beda," jelas Ganjar.

Baca Juga: Kronologis Kerusuhan Papua yang Menyeret Wilayah Lain

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya