Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sebanyak 611 Kali Selama Juli 2019

Status Merapi tetap waspada

Semarang, IDN Times - Gunung Merapi yang berada di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meluncurkan sebanyak 211 awan panas di bulan Juli 2019. 

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat aktivitas luncuran awan panas di bulan Juli mencapai dua kilometer. Meski demikian, Gunung Merapi masih berstatus waspada sejak 21 Mei 2018. 

Baca Juga: Awal Bulan, Gunung Merapi Keluarkan Wedhus Gembel

1. Jarak luncur paling jauh dua kilometer

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sebanyak 611 Kali Selama Juli 2019ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima IDN Times dari PVMBG disebutkan erupsi guguran Gunung Merapi pada bulan Juli mencapai 611 kali, dengan asap kawah utama paling tinggi mencapai 500 meter.

Sementara untuk jarak guguran lava dan awan panas paling jauh mencapai dua kilometer, ke arah tenggara atau hulu Kali Gendol.

Untuk aktivitas kegempaan Gunung Merapi paling tinggi terjadi pada tanggal 21, 14, 1, dan 8 Juli 2019. Sedangkan jumlah kegempaan  tanggal 21 dan 14 Juli 2019, mencapai lebih dari 50 kali.

 

2. Rekomendasi PVMBG, radius tiga kilometer dari puncak gunung tidak ada aktivitas

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sebanyak 611 Kali Selama Juli 2019ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

PVMBG memberikan sejumlah peringatan tentang potensi bahaya Gunung Merapi. Di antaranya adalah bahaya lontaran material atau lava pijar, guguran lava, awan panas guguran, hujan abu, hingga aliran lahar hujan. Selain itu juga mengingatkan jika terjadi erupsi disertai hujan abu, agar menggunakan pelindung hidung, mulut (masker), dan kacamata.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) juga mengimbau kepada warga untuk tidak melakukan aktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak Gunung Merapi. Selain itu pendakian hanya dapat dilakukan untuk tujuan penelitian dan penyelidikan yang berkaitan dengan mitigasi bencana. 

3. Status waspada 16 gunung di Indonesia

Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sebanyak 611 Kali Selama Juli 2019IDN Times/Galih Persiana

Status Gunung Merapi masuk dalam level II atau waspada bersama enam belas gunung berapi yang ada di Indonesia.

Di antaranya adalah Gunung Bromo, di Jawa Timur  Gunung Rinjani yang terletak di Lombok, Gunung Lokon di Sulawesi Utara serta Gunung Gamalama di Maluku Utara. 

Baca Juga: Koleksi Museum Merapi yang Rusak Belum Bisa Diganti Baru

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya