Hari Pertama Pendaftaran di DPD PDIP Jateng, 35 Orang Ambil Formulir

Adakah Gibran Rakabuming satu diantaranya?

Semarang, IDN Times - DPD PDIP Jawa Tengah secara resmi telah membuka pendaftaran bakal calon bupati/ wali kota.

Pendaftaran tersebut diperuntukkan bagi para kandidat yang belum mendaftar di 21 DPC PDIP kabupaten/ kota yang akan menggelar Pilkada serentak 2020 mendatang.

Baca Juga: PDIP Jateng Buka Pendaftaran Bakal Calon Pilkada 2020, Gibran Daftar?

1. Sudah ada 35 orang yang mendaftar

Hari Pertama Pendaftaran di DPD PDIP Jateng, 35 Orang Ambil FormulirTwitter.com/DPD_PDIP_JATENG

Pendaftaran dibuka mulai 6-12 Desember 2019 atau selama enam hari. Pada hari pertama pendaftaran, sudah ada 35 orang yang mengambil formulir bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah.

Pengambilan formulir bisa dilakukan sendiri atau diwakilkan orang lain.

Berdasarkan data yang diterima IDN Times hingga Jumat (6/12) pukul 16.00 WIB, dari 35 nama, paling banyak mengambil untuk posisi jabatan Wakil Bupati Grobogan. Yaitu sebanyak 10 orang.

2. Wakil Bupati Wonogiri banyak diincar pendaftar

Hari Pertama Pendaftaran di DPD PDIP Jateng, 35 Orang Ambil FormulirIDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Jabatan Wakil Bupati Wonogiri juga paling banyak diambil oleh para bakal calon. Setidaknya ada 8 orang. Disusul jabatan untuk Wakil Bupati Sukoharjo yang paling banyak diambil. Ada 4 orang.

Sisanya ada jabatan Bupati Blora dan Wakil Bupati Kendal masing-masing 2 orang. Serta ada yang mengambil untuk jabatan Bupati Kendal, Bupati Klaten, Bupati Sukoharjo, Bupati Semarang, Wali Kota Surakarta, Wakil Wali Kota Magelang, Wakil Wali Kota Surakarta, Wakil Bupati Purworejo, dan Wakil Bupati Rembang.

3. Sebagian besar anggota dewan

Hari Pertama Pendaftaran di DPD PDIP Jateng, 35 Orang Ambil Formulirtwitter.com/AWPramestuti

Masih dari data yang sama, mereka yang mengambil formulir untuk jabatan Wakil Bupati Grobogan sebagian besar adalah Anggota DPRD Kabupaten Grobogan dari Fraksi PDI Perjuangan. Diantaranya adalah Heru Santosa, Bambang Ismoyo, Bukhori, Sutarlan, Maryoto, serta Bambang Guritno.

Para pengambil formulir untuk Wakil Bupati Wonogiri juga didominasi oleh para Anggota DPRD Kabupaten Wonogiri Fraksi PDIP. Seperti Catur Winarko, Sriyono, Mulyadi, Gimanto, dan Novri Roesmono.

Namun juga ada pendaftar yang berasal dari latar belakang PNS aktif, pensiunan PNS, notaris, maupun dari kepala daerah petahana.

4. Tidak ada nama Gibran

Hari Pertama Pendaftaran di DPD PDIP Jateng, 35 Orang Ambil FormulirIDN Times/Larasati Rey

Dari daftar tersebut, tidak tampak nama putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mengambil formulir hari ini. Meski demikian, pendaftaran masih akan dibuka untuk lima hari ke depan, di Kantor DPD PDIP Jateng.

Untuk diketahui, ada 21 kabupaten/kota di Jawa Tengah yang akan menggelar pilkada serentak pada 2020 nanti. DPC-DPC PDIP sendiri telah menutup pendaftaran para bakal calon bakal calon.

Baca Juga: PDIP Jateng Sambut Santernya Nama Gibran dan Kaesang di Solo

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya