Jateng Jadi Tujuan Liburan, Pertamina Siapkan 21 Titik Layanan BBM 

Ada di Pantura dan Pansela

Semarang, IDN Times - Sebanyak 21 titik pelayanan Bahan Bakar Minyak (BBM) di sepanjang jalan tol Trans Jawa, khususnya di Pantura Jawa Tengah. Titik tersebut disiapkan menghadapi lonjakan konsumsi BBM saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca Juga: Pertamina Tambah Pasokan BBM dan LPG Jelang Libur Natal dan Tahun Baru

1. Titik pelayanan disiagakan di Pantura dan Pansela

Jateng Jadi Tujuan Liburan, Pertamina Siapkan 21 Titik Layanan BBM Dok. Pertamina MOR IV Jateng dan DIY

Sebanyak 21 titik pelayanan tersebut terdiri dari 6 titik kios Mobile Dispencer, 4 titik kios kemasan, 4 titik SPBU modular dan 7 titik SPBU regular.

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) juga menyiapkan 4 titik pelayanan BBM di jalur selatan Pertamina, yaitu dengan menyediakan 2 titik kios kemasan dan 2 Pertashop.

2. Jateng jadi destinasi favorit

Jateng Jadi Tujuan Liburan, Pertamina Siapkan 21 Titik Layanan BBM IDN Times/Dhana Kencana

Penyiapan titik tersebut dilakukan lantaran Jawa Tengah menjadi destinasi favorit bagi masyarakat saat libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

“Semenjak dibukanya tol Trans Jawa, wilayah kerja Pertamina MOR IV di Jawa Tengah menjadi salah satu destinasi favorit bagi masyarakat yang ingin berlibur akhir tahun, karena dapat dijangkau dengan mobil pribadi secara cepat," kata General Manager (GM) Pertamina MOR IV, Iin Febrian di Semarang, Rabu (11/12).

3. Menyiagakan titik suplai BBM dan elpiji

Jateng Jadi Tujuan Liburan, Pertamina Siapkan 21 Titik Layanan BBM Dok. Pertamina MOR IV Jateng dan DIY

Selain melakukan penambahan stok BBM dan elpiji, Pertamina juga mengoptimalkan pelayananan. Beberapa strategi dilakukan, diantaranya untuk memperkuat ketahanan distribusi yang dilakukan. Ialah dengan menyiagakan selama 24 jam suplai point BBM, diantaranya 7 Terminal BBM (fuel terminal) dengan didukung sebanyak 458 Armada Mobil Tangki.

Untuk elpiji turut disiagakan 2 Depot elpiji selama 24 jam dan jyang didukung 22 Stasiun Pusat Pengisian Bulk Elpiji (SPPBE), selama masa libur akhir tahun.

4. Layanan penyaluran juga diperkuat

Jateng Jadi Tujuan Liburan, Pertamina Siapkan 21 Titik Layanan BBM Ilustrasi gas elpiji 3 kilogram. ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas

Pertamina, tambah Iin, juga telah mengondisikan lembaga penyalur baik SPBU dan pangkalan elpiji untuk melayani masyarakat, guna memperkuat layanan penyaluran BBM dan elpiji.

Terdapat sebanyak 868 SPBU yang berada di lokasi strategis, baik di jalur tol dan wisata, yang telah dikoordinasikan untuk dapat beroperasi selama 24 jam. Untuk elpiji ada 4.755 Pangkalan elpiji PSO (subsidi) serta 490 outlet elpiji Non PSO di Jawa Tengah, yang akan tetap buka di tanggal merah atau hari libur dengan mempertimbangkan waktu ibadah.

Baca Juga: [FOTO] Potret 24 Jam Pekerja di Sumur Pengeboran PT Pertamina

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya