Jateng 'Juara Umum' Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan Publik

Diwarnai insiden kamera jatuh mengenai peserta

Semarang, IDN Times - Sebanyak 99 inovasi pelayanan publik di Indonesia menerima penghargaan dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Syafruddin.

Dari 99 inovasi pelayanan publik yang menerima penghargaan, 19 di antararnya merupakan inovasi yang berasal dari 12 kementerian, 12 inovasi dari 8 pemerintah provinsi, dan 21 inovasi dari 18 pemerintah kota. Terdapat 41 inovasi pelayanan publik dari 27 pemerintah kabupaten di Indonesia.

Selain itu juga terdapat lembaga dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Dimana lima inovasi karya empat lembaga dan satu inovasi dari satu BUMN.

"Kehadiran beragam inovasi pelayanan publik tidak lagi sekadar menjembatani kehadiran program pemerintah, tetapi juga mengakomodir kebutuhan masyarakat," kata Safruddin dalam sambutan acara penghargaan kepada Top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2019.

Penghargaan dilakukan di Hotel Gumaya, Semarang, pada Kamis (19/7) malam.

Baca Juga: 7 Inovasi Teknologi Pengelolaan Sampah Mendunia Ini Buatan Indonesia

1. Tahapan terpilihnya inovasi terbaik

Jateng 'Juara Umum' Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan PublikDok. Kementerian PANRB

Mereka yang ditetapkan sebagai Top 99 inovasi pelayanan publik itu, merupakan pilihan dari 3.156 proposal inovasi yang diajukan secara daring atau online melalui Sistem Informasi Inovasi Pelayanan Publik (Sinovik).

Inovasi-inovasi tersebut telah melewati tahap seleksi administrasi serta penilaian proposal dan dokumentasi inovasi.

Para inovator kemudian harus melewati tahapan presentasi dan wawancara di depan  Tim Panel Independen untuk mencari 99 inovasi terbaik.

Baca Juga: Perbaiki Desa Wisata, Dinas Pariwisata Jateng Gelontorkan Dana Rp1 M

2. Diberikan dana insentif daerah

Jateng 'Juara Umum' Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan PublikDok. Kementerian PANRB

Untuk mengembangkan inovasi menjadi skala nasional dan terus berkelanjutan, Kementerian PANRB memberikan dana insentif daerah untuk pemeliharaan, konsistensi, dan keberlanjutan.

"Itu sekaligus memacu semangat yang lain untuk menghadirkan pelayanan yang lebih baik," papar mantan Wakapolri itu.

4. Jawa Tengah terbanyak inovasi

Jateng 'Juara Umum' Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan PublikDok. Kementerian PANRB

Pada Top 99 ini, Jawa Tengah menjadi daerah terbanyak yang melahirkan inovasi. Setidaknya terdapat tiga inovasi dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah. Sedangkan pemkab/pemkot di Jawa Tengah mengikutsertakan 22 inovasi.

"Untuk menciptakan inovasi, dapat melihat pengaduan dari masyarakat. Jika ada komplain masyarakat, kemudian direspon, maka disitulah harus berinovasi," ungkap Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

Ganjar terus mendorong setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Jawa Tengah dapat melayani masyarakat dengan mengadopsi sistem pelayanan mudah, murah, cepat, transparan, dan akuntabel.

5. Terjadi insiden kamera jatuh

Jateng 'Juara Umum' Penghargaan 99 Inovasi Pelayanan PublikIDN Times/Dhana Kencana

Pada acara penghargaan ini diwarnai insiden jatuhnya kamera dari jimmy jib atau derek kamera. Peristiwa terjadi saat Safruddin tengah memberikan sambutan. 

Kamera tiba-tiba terjatuh dan mengenai salah satu peserta penerima Top 99 inovasi publik. Meski demikian, tidak mengakibatkan luka parah. Usai kejadian, kamera langsung diamankan.

Baca Juga: 7 Inovasi Pelayanan Publik Ini Mempunyai Nama Unik, Kamu Harus Tahu!

Topic:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Just For You