Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot Solo

Harus berkoalisi dengan partai lain

Semarang, IDN Times - Partai Golkar serius akan mengusung putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka sebagai Calon Wali Kota Surakarta dalam ajang Pilkada serentak 2020.

Meski demikian, Golkar harus menjalin koalisi dengan partai lain agar mulus mendukung Gibran pada kontestasi untuk memilih Wali Kota Surakarta periode 2021-2025.

Baca Juga: Ketua DPC PDIP Solo Tutup Pintu Pendaftaran Gibran Maju di Pilkada

1. Golkar harus berkoalisi dengan partai lain untuk bisa usung Gibran di Pilwakot Solo

Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot SoloIDN Times/Tunggul Kumoro

Sebagai informasi, pada Senin (23/9), Gibran menyerahkan berkas pendaftaran anggota Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan di Kantor DPC PDIP Surakarta. Ia mendaftar menjadi kader PDI Perjuangan. Banyak pihak menilai hal itu dilakukan sebagai syarat untuk maju sebagai bakal calon Wali Kota Surakarta pada Pilkada Serentak 2020.

Keinginan Golkar untuk itu disampaikan oleh Ketua Harian DPD I Partai Golkar Jawa Tengah, Iqbal Wibisono. Dari peta politik yang ada, Iqbal menyadari hanya PDIP yang bisa mengusung bakal pasangan calon wali kota dan wakil wali kota.

"Tidak ada salahnya Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kota Surakarta mengincar Gibran," katanya sebagaimana dikutip IDN Times dari kantor berita Antara, Kamis (26/9).

2. Jika PDIP tidak mengusung Gibran terbuka peluang Golkar dan partai lain untuk mendukung putra Jokowi

Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot SoloIDN Times / Larasati Rey

Pada Pemilu 2019, PDIP sukses meraih 30 kursi DPRD Kota Surakarta atau melebihi sembilan kursi sebagai persyaratan untuk bisa mengusung pasangan calon wali kota dan wakil wali kota. Partai Golkar sendiri hanya mendapatkan tiga kursi.

Apabila PDIP tidak mengusung Gibran, imbuh Iqbal, ada peluang partai lain, termasuk Golkar, yang justru akan mengusungnya.

Hal itu dimungkinkan sekali apabila partai di luar PDIP berkoalisi atau bersinergi, memunculkan pasangan calon.

3. Golkar sebut Gibran sosok pemimpin masa depan yang ideal

Jika Tak Diusung PDIP, Golkar Siap Dukung Gibran Maju di Pilwakot SoloIDN Times / Larasati Rey

Sosok Gibran, menurut Gibran bisa dimunculkan sebagai bakal calon wali kota Surakarta. Itu juga sebagai jawaban dari masyarakat Surakarta. Mengingat kota tersebut membutuhkan pemimpin masa depan yang ideal dengan visi ke-Indonesiaan.

"Masa depan bangsa ini membutuhkan tokoh muda yang punya visi ideologis akan masa depan, kreatif, dan profesional. Gibran punya itu semua," imbuh Iqbal.

Maka menurutnya tidak ada salahnya Partai Golkar Kota Surakarta mempertimbangkan agar tokoh muda seperti Gibran bisa maju sebagai calon wali kota.

Baca Juga: Sah! Gibran jadi Anggota PDI Perjuangan

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya