Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas Semarang

Kapal berbendera Panama berasal dari Malaysia

Semarang, IDN Times - Sebuah kapal MV. Soul of Luck menabrak derek kontainer yang ada di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Minggu (14/7).

Kejadian tabrakan tersebut terjadi sekitar pukul 17.10 WIB. Beruntung tidak ada korban jiwa dan luka dalam insiden tersebut 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Kapal Karam yang Bisa Kamu Kunjungi Tanpa Menyelam

1. Viral di media sosial

Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas SemarangANTARA FOTO/Aji Styawan

Kejadian tersebut menjadi viral di sejumlah sosial media. Banyak beredar video detik-detik yang direkam oleh petugas di lapangan.

Sejumlah petugas tampak panik melihat kejadian tersebut. Berikut sejumlah video tersebut.

2. Kapal berasal dari Malaysia

Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas SemarangANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Seorang warganet berhasil melacak identitas kapal tersebut. Bahkan diketahui setelah menabrak derek kontainer, kecepatan kapal masih tinggi.

"Berdasarkan hasil tracking ditemukan data Kapal tersebut bernama Soul Of Luck dengan pelabuhan asal Port Klang Malaysia ETA 17.10 LT. Setelah menabrak crane kapal tersebut masih memiliki laju yang tinggi dan menubruk kapal Cargo yg sedang bersandar," tulis @Azfandl pada akun pribadi Twitter.

Bahkan setelah itu kapal juga menabrak sebuah kapal kargo domestik yang tengah bersandar di dermaga Pelabuhan Tanjung Emas.

3. Tidak ada korban jiwa

Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas SemarangANTARA FOTO/Budi Candra Setya

Pihak otoritas pelabuhan Tanjung Emas membenarkan kejadian tersebut. Satu unit derek kontainer nomor tiga yang ada di posisi paling ujung dermaga di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) roboh akibat kejadin itu.

"Sesaat setelah kejadian segera dilakukan pengamanan area kejadian radius beberapa meter. Tim tanggap darurat atau evakuasi saat ini melakukan investigasi dan evakuasi," jelas VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Minggu (14/7).

Wilis menambahkan tidak ada korban jiwa pada peristiwa tersebut, baik yang meninggal dunia maupun luka berat. Sebab selama ini Pelindo III telah menerapkan standar keamanan tinggi, untuk seluruh terminalnya, termasuk TPKS Semarang.

Baca Juga: 8 Wisata Selam di Antara Kapal Karam, Pesona Keindahan Bawah Laut

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya