Kawasan Lereng Gunung Merapi Terbakar

BPBD Kabupaten Magelang telah melapor ke taman nasional 

Magelang, IDN Times - Kawasan hutan di lereng Gunung Merapi, tepatnya di wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah terbakar pada Minggu (18/8) malam.

Berdasarkan informasi awal yang didapatkan oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, kebakaran terjadi di petak 36.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Sumsel Mencapai 583 Ha, Polisi Tangkap 3 Pelaku 

1. Terjadi di petak 36

Kawasan Lereng Gunung Merapi TerbakarANTARA FOTO/Rana Larasati

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, mengatakan kebakaran tepatnya di kawasan Jurang Jero, di wilayah Dusun Soko, Desa Ngargosoko, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang.

"Titik api diketahui pertama sekitar pukul 18.45 WIB dan belum diketahui penyebab kebakaran tersebut," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto di Magelang, sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Minggu (18/8).

2. Medan ke lokasi cukup sulit

Kawasan Lereng Gunung Merapi TerbakarANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Edy menjelaskan bahwa saat ini sejumlah relawan sedang berusaha menjangkau lokasi titik api. Namun mereka terkendala medan yang cukup sulit.

Untuk lokasi titik api berada di atas Perairan Umum Daratan (PUD) 5. Warga setempat menamai daerah tersebut dengan sebutan 'Resa'.

3. Telah dilaporkan ke TNGM

Kawasan Lereng Gunung Merapi TerbakarANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

BPBD, imbuh Edy telah melakukan koordinasi dengan Taman Nasional Gunung Metapi (TNGM) untuk penanganan kebakaran di kawasan Gunung Merapi tersebut.

Ia menyampaikan pada pukul 20.50 WIB kepada tim, kemudian dari TNGM menuju lokasi. Tim dari TNGM membawa peralatan pemadaman api dan menggunakan mobil Slip On

Berdasarkan hasil koordinasi, apabila dari TNGM tidak memungkinkan untuk menangani sendiri, akan meminta bantuan tim dari BPBD Kabupaten Magelang.

Baca Juga: Hutan di Lereng Gunung Sumbing Terbakar Lagi, Kali Ini di Dua Lokasi

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya