Kebakaran di Lereng Gunung Andong, 45 Pendaki Terjebak

Api mulai membesar pukul 11.30 WIB

Magelang, IDN Times - Kebakaran melanda hutan di lereng Gunung Andong, Kabupaten Magelang Jawa Tengah. Api membakar sekitar dua hektare lahan yang berada di Dusun Temu, Desa Jogoyasan, Kecamatan Ngablak.

Lokasi titik api terpantau berada di atas Basecamp Gogik, Girirejo, Kecamatan Ngablak. Sebanyak 75 petugas dikerahkan untuk memadamkan api.

Baca Juga: Gunung Andong, Cocok untuk Pendaki Pemula

1. Terjadi di kawasan hutan Gunung Andong

Kebakaran di Lereng Gunung Andong, 45 Pendaki Terjebaktwitter.com/BPBDkabmagelang

Dari informasi yang dihimpun IDN Times dari laman sosial resmi BPBD Kabupaten Magelang, kebakaran tersebut terjadi pada Minggu (1/9), sekitar pukul 11.05 WIB.

2. Dibagi menjadi dua tim penanganan

Kebakaran di Lereng Gunung Andong, 45 Pendaki Terjebaktwitter.com/BPBDkabmagelang

Dari kejadian tersebut, langsung dilakukan penanganan dari tim gabungan yang dibagi menjadi dua Search Rescue Unit (SRU). SRU 1 melakukan proses evakuasi pendaki dan SRU 2 melakukan pemadaman.

"Pada pukul 11.05 WIB terpantau kepulan asap di Petak 27F kawasan hutan lereng Gunung Andong sisi timur laut," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto, seperti dikutip dari kantor berita Antara, Senin (2/9).

3. Api berhasil dipadamkan

Kebakaran di Lereng Gunung Andong, 45 Pendaki Terjebaktwitter.com/BPBDkabmagelang

Saat itu, sebanyak 45 pendaki dievakuasi karena kebakaran tersebut. "Pukul 11.32 WIB Perhutani, Sarda, SAR Semesta, MPA, Basecamp dan warga menuju lokasi kebakaran untuk pemadaman sekitar 50 personel," imbuh Edy.

Sampai dengan pukul 17.00 WIB, titik api berhasil dipadamkan seluruhnya.

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Taman Nasional Gunung Merapi Dapat Diatasi  

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya