Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung Emas

Ternyata melibatkan dua kapal lain

Semarang, IDN Times - Kementerian Perhubungan akan memastikan kelancaran pelayanan kapal di Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) Pelabuhan Tanjung Emas.

Hal itu dilakukan pasca terjadinya insiden kapal MV. Soul of Luck yang menyenggol derek kontainer hingga roboh, pada Minggu (14/7) petang, sekitar pukul 17.10 WIB.

Baca Juga: Kapal Asing Tabrak Container Crane Tanjung Emas Semarang

1. Berkoordinasi dengan KNKT

Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung EmasANTARA FOTO/Didik Suhartono

Koordinasi dilakukan oleh Kementerian Perhubungan dalam hal ini Direktorat Jenderal Perhubungan Laut melalui Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Semarang, Jawa Tengah dengan PT. Pelindo III, sebagai induk usaha perusahaan jasa pandu.

Pelayanan pelabuhan dipastikan tetap berjalan seperti biasa meskipun saat ini lokasi kejadian sudah disterilkan.

"Saat ini lokasi kejadian telah disterilkan namun layanan kepelabuhanan terus berjalan seperti biasanya. Kami akan berkoordinasi dengan KNKT untuk menginvestigasi penyebab kejadian tersebut," kata Kepala KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Ahmad Wahid sebagaimana dikutip dari keterangan resmi yang diterima IDN Times.

2. Korban luka ringan

Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung EmasANTARA FOTO/Abriawan Abhe

Kapal MV. Soul of Luck yang diageni oleh PT. Layar Sentosa diketahui menyenggol crane atau derek di dermaga TPKS, sehingga satu unit container crane nomor tiga ambruk.

Dalam peristiwa tersebut, tidak ada korban jiwa, namun satu korban mengalami luka ringan. 

"Satu orang yaitu operator head truk langsung dibawa ke rumah sakit Panti Wilasa Citarum," imbuh Wahid.

3. Melibatkan dua kapal lain

Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung EmasANTARA FOTO/Didik Suhartono

Kapal MV Soul of Luck berbendera Panama, jenis kontainer itu terdaftar dengan registrasi IMO 9148647. Bobot kapal mencapai GT 16.915 dengan panjang 168.05 meter serta lebar 27 meter.

Kapal diketahui berlayar dari Pelabuhan Port Klang Malaysia pada tanggal 11 Juli 2019 dan tiba di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada 14 Juli 2019, pukul 17.10 WIB.

Menurut Wahid, insiden tersebut juga melibatkan kapal KT Jayanegara 304, KT Jayanegara 201 yang dioperasikan oleh PT PMS, anak usaha PT. Pelindo III sebagai induk usaha jasa pelayanan kapal (pandu tunda).

4. Crane sudah diasuransikan

Kemenhub Gandeng KNKT, Investigasi Tabrakan Kapal di Tanjung EmasANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Sementara itu, derek kontainer yang rusak sudah diasuransikan dan telah dievakuasi. Diharapkan operasional bongkar muat dapat berjalan normal.

"Crane (derek) yang rusak sudah diasuransikan. Evakuasi berjalan lancar sesuai dengan SOP dan kontigensi plan. Diharapkan kembali berjalan normal, sehingga TPKS tetap bisa melayani para pengguna jasa logistik," jelas VP Corporate Communication Pelindo III, Wilis Aji Wiranata.

Wilis menambahkan bahwa Pelindo III saat ini terus berupaya untuk mengatasi insiden dengan cepat dan risiko yang terjadi dapat terkelola dengan baik.

Baca Juga: Jokowi Serukan Pangkas, Hajar Bagi Penghambat Visinya 

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya