Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPK

Masih terkait dengan penangkapan jaksa di Yogyakarta

Surakarta, IDN Times - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyegel salah satu bangunan di kawasan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Sebagaimana dikutip IDN Times dari kantor berita Antara, bangunan tersebut merupakan Kantor CV Kusuma Tjandra Contactor, dengan alamat Jalan Mawar Timur II, RT 05/RW 09, Desa Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Baca Juga: Jaksa yang Kena OTT Telah Tiba di Gedung KPK

1. Bangunannya selalu sepi

Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPKANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Tampak segel dari KPK bertuliskan "Dalam Pengawasan KPK", terpasang di depan pintu rumah. Salah satu warga, Mulyono mengatakan bahwa pemilik kantor tersebut bernama Candra. Meski demikian, dia tidak mengenalnya.

Mulyono bahkan tidak mengetahui ihwal penangkapan ataupun penggeledahan oleh KPK. Apalagi, di kantor tersebut tidak pernah terlihat aktivitas yang mencolok setiap harinya.

"Saya tidak tahu ada penggeledahan. Kemarin juga tidak ada ramai-ramai," kata Mulyono, Selasa (20/8).

2. Masih terkait dengan OTT Jaksa di Yogyakarta

Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPKANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Kantor CV Kusuma Tjandra Contactor diketahui digunakan oleh GJ Ana Kusuma. Ia merupakan kontraktor asal Kota Solo, yang ditangkap KPK pada Senin, 19 Agustus 2019.

Penyegelan tersebut diduga terkait dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh KPK di Mapolresta Surakarta.

Untuk diketahui, KPK menangkap jaksa yang terkena operasi tangkap tangan di Yogyakarta dan melakukan pemeriksaan intensif terhadap lima orang di Polresta Surakarta, pada Senin, 19 Agustus 2019. Kasatreskrim Polresta Surakarta Kompol Fadli telah membenarkan kantornya dipakai untuk pemeriksaan oleh KPK.

3. Orang tua mengakui anaknya ditangkap KPK

Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPKANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Penyegelan terkait dengan operasi tangkap tangan (OTT) jaksa Yogyakarta di hari yang sama, yaitu Senin, 19 Agustus 2019. Hal itu diakui oleh orang tua GJ Ana Kusuma, Waseso.

Waseso menjelaskan bahwa dalam kontrak tersebut, Ana sudah ditunjuk sebagai pemenang. Namun hingga saat ini Surat Perjanjian Kerja sama (SPK) dan menunggu proses Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) yang harus dipindah terlebih dahulu di Yogyakarta.

"Anak saya melakukan pekerjaan gorong-gorong di Yogyakarta. SPK belum jadi, tetapi proses lelang sudah berjalan. Pemindahan ini khusus untuk proyek itu. Sambil menunggu SPK kami 'nyicil' pekerjaan," kata Waseso di Solo.

4. Diduga terjerat kasus proyek gorong-gorong

Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPKIDN Times/Tunggul Kumoro

Bahkan, tambah Waseso, anaknya belum menerima uang muka yang telah disepakati lantaran Ana menilai tidak ada kerugian negara.

"Hanya mungkin ada biaya operasional untuk mengurus administrasi atau apa. Mungkin yang dikatakan 'nyuap' itu ya. Tetapi kan saya tidak 'ngerti' jelas," katanya pula.

Waseso mengatakan nilai proyek gorong-gorong yang akan dikerjakan anaknya senilai Rp4 miliar.

5. Masih belum didampingi pengacara

Kisah Sang Ayah yang Anaknya Ditangkap KPKANTARA FOTO/Didik Suhartono

Disinggung soal penangkapan anaknya oleh KPK, Waseso menambahkan bahwa saat ini belum ada pendampingan resmi dari pengacara, karena belum ada izin dari KPK.

"Kemarin waktu kami menghadirkan 'lawyer' (pengacara), KPK belum mengizinkan karena prosesnya baru BAP (Berita Acara Pemeriksaan). Kalau status sudah jelas baru diizinkan ada pendamping 'lawyer'. Tadi pagi setelah subuh anak saya dengan beberapa orang lain sudah dibawa (KPK) ke Jakarta," jelas Waseso.

Baca Juga: KPK: Uang dalam OTT Jaksa di Yogya Terkait Proyek di Dinas PU

Topik:

  • Dhana Kencana
  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya