PDIP Usulkan Empat Nama untuk Pilwakot Solo 2020

Nama-nama baru berasal dari kader arus bawah

Surakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengusulkan empat nama bakal calon Wali Kota Surakarta dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota 2020.

Empat nama yang diusulkan oleh PDIP adalah kader internal partai. Nama-nama tersebut merupakan usulan dari arus bawah kader PDIP.

"Kami belum bisa menyebut nama-namanya karena masih dalam proses akan digodok terlebih dahulu. Baru diusulkan dan harus mendapatkan rekomendasi dari DPP," kata Sekretaris DPC PDIP Kota Surakarta Teguh Prakosa sebagaimana dikutip dari kantor berita Antara, Kamis (11/7).

Baca Juga: KPU Surakarta Siap Gelar Pleno Penetapan Calon Terpilih Pileg 2019

1. Ditetapkan oleh Ketua DPC PDI Surakarta

PDIP Usulkan Empat Nama untuk Pilwakot Solo 2020twitter.com/pdipsurakarta

Tersiar kabar salah satu dari empat kandidat yang diusulkan adalah nama Ketua DPRD Surakarta, Teguh Prakosa. 

Disinggung soal empat nama bakal calon apakah termasuk dirinya, Teguh tidak bisa mengelak. Nama F.X. Hadi Rudyatmo sendiri sudah tidak bisa maju lantaran sudah menjabat dua periode.

"Bakal calon wali kota keputusan akan ditetapkan F.X. Hadi Rudyatmo (red: selaku PDIP Kota Surakarta). Beliau telah berpengalaman dan menjabat sebagai wakil dan wali kota sudah dua periode. Beliau juga tahu siapa-siapa yang siap dan mampu menjadi wali kota pada Pilkada Kota Surakarta mendatang," imbuh Teguh, yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Surakarta periode 2014-2019.

2. Mengusung pasangan calon sendiri

PDIP Usulkan Empat Nama untuk Pilwakot Solo 2020twitter.com/pdipsurakarta

Perolehan suara PDIP pada Pileg 2019 lalu mencapai 30 kursi untuk DPRD Kota Surakarta. Dari hasil itu, PDIP bisa mengajukan pasangan calon sendiri untuk pilkada mendatang.

Pilkada Kota Surakarta sendiri akan digelar pada tahun depan, yaitu 23 September 2020.

3. Daftar kandidat calon ketua DPC PDIP Surakarta

PDIP Usulkan Empat Nama untuk Pilwakot Solo 2020twitter.com/pdipsurakarta

Sementara itu, terkait calon Ketua DPC PDIP Surakarta yang diputuskan dalam forum Konfercab 2019, terdapat delapan calon nama. Di antaranya Ketua DPC PDIP saat ini, F.X. Hadi Rudyatmo selaku petahana. Kemudian Teguh Prakosa, Paulus Haryanto, Budi Prasetyo, Roro Indradi Sarwo Indah, Honda Hendarto, Y.F. Sukasno, dan Joni Sofyan Erwandi.

Semua nama calon ketua tersebut berasal dari strukrural tingkat DPC dan Pengurus Anak Cabang (PAC). Pembahasan hasil Konfercab PDIP Kota Surakarta akan dibawa ke forum Konferensi Daerah (Konferda) PDIP Jawa Tengah di Semarang.

Rencananya Konferda DPC PDI Perjuangan se-Jawa Tengah serentak akan digelar di Panti Marhaen Semarang, Minggu, 14 Juli 2019. Dalam konferda itu, tambah Teguh, selain penetapan ketua DPC, juga menggelar pemilihan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Provinsi Jateng.

Baca Juga: Pilkada Serentak 2020, PDIP Tak 'Haramkan' Posisi Wakil Kepala Daerah

Topik:

  • Febriana Sintasari

Berita Terkini Lainnya