Pipa Pertamina EP Cepu Bocor, Warga Ambil Minyak Mentah

"Setelah hujan deras itu ada bau seperti minyak mentah."

Blora, IDN Times - Pipa milik PT Pertamina EP (PEP) Cepu Field di Kabupaten Blora, Jawa Tengah bocor dan mengeluarkan minyak mentah. Melihat kejadian tersebut, warga setempat beramai-ramai mendatangi lokasi untuk mengambil minyak yang keluar tersebut.

1. Warga ambil minyak mentah Pertamina

Pipa Pertamina EP Cepu Bocor, Warga Ambil Minyak MentahIlustrasi pipa eksplorasi di PT Pertamina EP Cepu. (Dok. PT Pertamina EP Cepu)

Salah satu warga, Suntari mengatakan, kebocoran pipa minyak terjadi pada Selasa (15/3/2022) sekitar pukul 15.00 WIB. 

"Setelah hujan deras itu ada bau seperti minyak mentah. Terus warga mencarinya ternyata ada minyak yang keluar dari pipa," katanya

Baca Juga: Sumur Gas Geo Dipa Dieng Bocor, 8 Pekerja Kejang-kejang, 1 Orang Tewas

2. Pertamina EP sterilisasi lokasi kebocoran

Pipa Pertamina EP Cepu Bocor, Warga Ambil Minyak MentahIlustrasi aktivitas di PT Pertamina EP Cepu. (Dok. PT Pertamina EP Cepu)

Field Manager PEP Cepu Field, Agung Wibowo menyebut, kebocoran tersebut terjadi akibat retakan pada pipa minyak di Desa Pojok Watu, Kecamatan Sambong. Setelah diketahui adanya ceceran minyak, tim PEP Cepu Field langsung menghentikan pemompaan dan penyetopan valve (katup) pada jalur pipa Main Gathering Station (MGS) Menggung sehingga aliran sudah dapat dihentikan. 

"Sesuai dengan Standar Operating Prosedur (SOP) untuk pengamanan lokasi, PEP Cepu memasang safety line dan menyekat drainase serta anak sungai," ucap Agung sebagaimana dilansir laman resmi Radio Republik Indonesia, Rabu (16/3/2022).

3. Mencegah fluida tak banyak keluar

Pipa Pertamina EP Cepu Bocor, Warga Ambil Minyak MentahIlustrasi PT Pertamina EP Cepu. (Dok. PT Pertamina EP Cepu)

Agung menjelaskan, upaya penyekatan tersebut dilakukan untuk meminimalkan fluida (zat yang mengalir) di pipa ke tempat lain dan terkumpul, sehingga memudahkan penyedotan menggunakan truk vakum dan pembersihan area. 

Tim PEP Cepu Field, imbuhnya, tengah memperbaiki pipa sumber ceceran dengan memasang klem.

“Tim berusaha bekerja cepat dan sebaik mungkin serta akan memastikan tidak ada lagi rembesan atau ceceran fluida. Saat ini kondisi aman terkendali,” tandasnya. 

Baca Juga: Petrokimia Pertamina, Setia Menjaga Asa dan Masa Depan Indonesia

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya